TERGENANG: Akibat hujan deras, dua desa di Kecamatan Pajarakan, Kab. Probolinggo terendam banjir. (foto: Ali Ya'lu).

Hujan Deras, Ratusan Rumah di Pajarakan Terendam Banjir

Probolinggo,- Ratusan rumah di RT di dua desa berbeda di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, direndam banjir, Selasa (19/3/2024) malam. Banjir terjadi sejak pukul 21.45 WIB.

Banjir melanda RT 01, 02, dan 03 di RW 01 Dusun Lumbang, Desa Sukokerto. Sedangkan di Desa Sukomulyo, banjir merendam RT 01 dan 02 di RW 01 Dusun Stasiun.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif mengatakan, mulanya di daerah Kecamatan Pajarakan terjadi hujan dengan intensitas sedang – deras pada Selasa pukul 20.00 – 00.30 WIB Rabu dini hari.

Akibat hujan tersebut, drainase yang ada di dua desa tersebut tidak mampu menampung debet air. Alhasil, air naik ke permukaan menggenangi pemukiman.

“Sejak pukul 21.45 WIB, air sudah mulai naik,” kata Oemar, Rabu (20/3/2024) dini hari.

Ia melanjutkan, ketinggian banjir di dua desa tersebut bahkan mencapai 60 cm. Dengan ketinggian air itu, sekitar 100 KK di Desa Sukokerto dan 60 KK di Desa Sukomulyo terdampak.

“Namun tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Oemar menyebut, mendapat informasi ini, pihaknya langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan. Tim dari BPBD yang datang ke lokasi juga disertai dengan mobil ranger dan mesin sedot air.

“Tim hingga saat ini tim kami masih di lokasi dan membantu warga menyedot air,” ucap dia. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Geng Motor Rusak Warung dan Motor di Kota Probolinggo

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …