Arus Mudik, Penumpang di Terminal Bayuangga Naik 70%

Probolinggo – Memasuki H + 1 Lebaran, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo dipenuhi penumpang. Pada arus mudik tahun ini terjadi peningkatan penumpang sekitar 70%, yang didominasi penumpang dengan tujuan Surabaya hingga Yogyakarta.

Dari pantauan PANTURA7.com, sejak Selasa pagi (3/5/2022), terminal yang berada di Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan ini dipadati pemudik. Tak hanya itu, terminal Tipe A yang biasanya sepi karena dampak pandemi Covid-19 ini ramai penumpang.

Data yang dikumpulkan pihak pengelola terminal, kenaikan jumlah penumpang dari Terminal Bayuangga baik kedatangan maupun keberangkatan mulai terjadi sejak H-4, hingga hingga H-1, di mana rata-rata penumpang berkisar 3.000 hingga 9.000 penumpang per hari.

“Kenaikan penumpang yang terjadi ini rata-rata didominaso tujuan Yogyakarta, sisanya tujuan kota – kota di Jawa Timur seperti Jember, Banyuawangi, hingga Surabaya,” ujar Galih Ferlandi, staf Administrasi Terminal Bayuangga.

Meski ada kenaikan jumlah penumpang hingga 70%, namun hal tersebut dibarengi dengan jumlah armada bus yang mencukupi yakni antara 300-400 bus, baik bus trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Diprediksi untuk puncak arus balik lebaran ini akan terjadi pada H+3 Lebaran, dengan tujuan penumpang masih didominasi tujuan Surabaya, Jember, Situbondo, hingga Banyuwangi.

“Dibandingkan tahun kemarin yang justru penumpang bus kosong, Terminal Bayuangga pada tahun ini ramai karena pandemi Covid-19 sudah berangsur normal,” imbuh Galih. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Verifikasi Parpol, KPU Siapkan Delapan Orang

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …