203 WBP Rutan Kraksaan Dapat Remisi, Seorang Langsung Bebas

Kraksaan,- Sebanyak 203 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan menerima remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Senin (2/5/2022) kemarin. Dari jumlah rarusan tersebut, 1 WBP langsung bebas.

Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan mengatakan, dari total 215 WBP yang diusulkan, ada 203 WBP yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Penyerahan remisi itu langsung diberikan setelah para WBP selesai salat ied.

“Dari 215 yang diusulkan, 12 orang telah habis masa pidananya sebelum SK remisi diverifikasi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan lhamdulillah, kemarin setelah para WBP selesai salat Ied langsung diserahkan remisinya,” kata Bambang, Selasa (3/5/2022).

Untuk remisi hari raya ini, lanjut Bambang, dari total 203 WBP yang mendapat remisi tersebut, 57 orang mendapat pengurangan masa pidana 15 hari, 134 orang mendapat pengurangan 1 bulan dan 10 orang mendapatkan potongan hukuman 1 bulan 15 hari.

“Sedangkan dua orang menunggu SK susulan yang masih diverifikasi oleh Dirjenpas. Untuk warga binaan yang langsung bebas di hari penuh kemenangan ini ada 1 orang. Semoga di momen selanjutnya, bisa dijadikan contoh bagi semua warga rutan untuk dapat remisi,” ujar Bambang.

Bambang menerangkan, WBP yang berhak mendapatkan remisi khusus Idul Fitri telah memenuhi persyaratan seperti beragama Islam dan telah memenuhi persyaratan administratif serta substantif yakni telah menjalani pidana minimal enam bulan.

“Serta tidak terdaftar pada register F atau buku catatan pelanggaran disipilin narapidana. Selain itu, warga binaan harus aktif mengikuti program pembinaan di Rutan Kelas IIB Kraksaan dan berkelakuan baik selama menjalani masa-masa jadi tahanan,” tuturnya. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Pembacok Warga Jati Tertangkap, Ini Pengakuan Pelaku

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …