Bocah Yatim-piatu Penderita Gizi Buruk di Besuk Mulai Mendapat Bantuan

Besuk,- Rifka Dina Aulia, bocah penderita gizi buruk dan stunting asal Dusun Krajan, RT 010 RW 003, Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, mulai mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengutus Kapolsek Besuk, AKP Taufik Nurhidayat untuk mengunjungi rumah Dina, Kamis (24/2/2022). Kapolsek datang ke rumah Dina bersama Bhabinkamtibmas setempat.

Setibanya di rumah semi permanen milik Dina, Kapolres disambut baik oleh keluarga. Kapolsek lalu memberikan bantuan tali asih berupa perlengkapan pakaian dan makanan bergizi tinggi serta santunan berupa uang tunai kepada keluarga Dina.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kepedulian kepada warga disabilitas memang harus tertanam ke dalam diri seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Probolinggo.

“Di usia adik Dina saat ini merupakan masa yang penting baginya. Anak-anak sebayanya biasanya bermain dan belajar bersama. Semoga adik Dina selalu diberikan kesehatan dan bantuan yang kami berikan bisa sedikit meringankan beban Dina dan keluarga,” kata Kapolres Arsya.

Selain bantuan dari Polres Probolinggo, bantuan juga datang dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo. Bahkan, Kepala Dinsos Kab. Probolinggo, Ahmad Arief datang langsung ke rumah Dina untuk menyalurkan bantuan.

“Ya benar, ada bantuan dari polisi dan dinas. Terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah peduli dengan penderitaan ponakan saya,” kata Salehuddin, paman Dina.

Diketahui, meski sudah berusia 7 tahun namun Dina tidak bisa berdiri, alih-alih berjalan. Dina didiagnosa mengalami gizi buruk dan stunting.

Dina lahir ketika berusia 8 bulan dalam kandungan dan sempat dirawat di RSUD Waluyo Jati Kraksaan selama 50 hari. Sejak lahir, pertumbuhan fisik Dina sangat lamban.

Penderitaannya kian bertambah setelah ditinggal oleh kedua orang tuanya untuk selamanya. Ibunya Babur Rahma (30) meninggal dunia, 8 bulan lalu. Dua bulan kemudian, sang ayah Hasan (32) menyusul menghadap sang khalik.

Baca Juga  Polisi Batal Periksa 5 Karyawan PT. SKI

Saat ini, Dina dirawat oleh neneknya, Suto Sari (69). Sementara, untuk menopang ekonomi, mereka hanya mengandalkan pendapatan dari Salehuddin, yang sehari-hari menjadi tukang pijat. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …