Pemkab Pasuruan Bakal ‘Sulap’ Winongan Jadi Kampung Ikan

Pasuruan,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan berencana menjadikan Kecamatan Winongan sebagai kampung ikan. Rencana itu bakal dimulai secara bertahap mulai tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah mengatakan, Kecamatan Winongan dikenal sebagai wilayah yang kaya sumber daya air dan kualitas perairannya sangat baik. Untuk itu, Pemkab Pasuruan akan menjadikan Kecamatan Winongan sebagai Kampung Ikan.

“Kecamatan Winongan dikenal sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya air, lantaran dekat dengan Pemandian Alam Banyubiru maupun Sumber Mata Air Umbulan. Sehingga untuk pembudidayaan ikan air tawar jelas sangat pas,” kata Alfi, Minggu (6/2/22).

Untuk merealisasikan langkah tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan sudah mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah pihak. Mulai dari kecamatan, desa hingga warga secara bertahap.

Nantinya, disampaikan Alfi, bakal ada 1000 kolam ikan yang dibuat di rumah-rumah warga. Pada kolam tersebut akan dimasukkan ikan nila hitam yang dikenal sangat cocok untuk dibudidayakan.

“Nantinya, setiap rumah tangga membuat kolam ikan sendiri-sendiri. Ikan bisa dibeli di Balai Benih Ikan di Winongan, dan sebagian nanti kita berikan kepada warga,” janjinya.

Alfi menegaskan, pihaknya juga akan menjadikan satu lokasi percontohan Kampung Ikan di salah satu desa Kecamatan Winongan.

Harapannya, lokasi tersebut bisa menjadi jujukan desa lain agar termotivasi membuat hal yang sama, atau bahkan melampaui hasil yang didapat dari lokasi percontohan itu sendiri.

“Identifikasi juga kami lakukan, dan terus nanti ada salah satu lokasi yang dibuat percontohan supaya tempat yang lain bisa menirunya. Meniru hal yang sudah berhasil,” ucap dia.

Ke depan, lanjut Alfi, apabila Kampung Ikan sudah dibentuk, maka setiap warga tak repot lagi mencari lauk untuk kebutuhan makan. Lantaran bisa memanen dari kolam sendiri.

Baca Juga  Kekosongan Kepala OPD di Kab. Probolinggo Bertambah

Tak hanya itu, warga yang berhasil membudidayakan nila bisa juga mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi. Dalam hal ini, Pemkab Pasuruan siap memfasilitasi.

“Muaranya banyak. Kalau ikannya banyak dan berhasil, bisa dijual dan diambil keuntungannya,” tutupnya. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …