Masuk Musim Penghujan, Dinkes Ingatkan Bahaya DBD

KRAKSAAN,- Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo bersiaga menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Sebagai antisipasi, Dinkes telah “mewarninh” Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

DBD disebabkan virus melalui gigitannyamuk jenis Aedes Aegypti atau Aedes albopictus. Satwa ini membawa virus untuk menginfeksi darah manusia dengan gigitan dan mentransfer darah yang terinfeksi ke orang lain.

“Sebelum terlambat, kami harap agar segera melakukan pencegahan penyakit demam berdarah,” kata Kasi Pencegahan dan penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Veronica, Minggu (12/9/2021).

Menurut perempuan asal Balikpapan ini, Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di daerah agar lebih ditingkatkan. Mengingat, Sabtu (11/9/2021) kemarin hujan di wilayah Kabupaten Probolinggo cukup lama, sehingga antisipasi pencegahan harus dilakukan sedini mungkin.

“Sarang nyamuk ini ya seperti biasanya, yaitu tempat yang sudah kebanyakan orang tahu, seperti tempat genangan air, tempat pembuangan sampah, kamar mandi, tempat kotor di dalam rumah dan yang lainnya. Intinya hindari membuat tempat yang bisa jadi sarang nyamuk,” urainya.

Agar lolos dari ancaman demam berdarah yang mengintai, perempuan berkacamata itu menyarankan agar masyarakat ekstra waspada. Selain itu, masyarakat diminta berperan aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terutama di tempat yang menjadi habitat endemik nyamuk.

“Hal-hal kecil yang dianggap remeh oleh masyarakat biasanya menjadi penyebabnya, seperti genangan air pada galon. Kalau itu dibuka, pasti akan ditemukan bintik-bintik nyamuk dan ini sudah diremehkan tanpa kita sadari itu juga bahaya,” paparnya.

Data sementara yang diperoleh, sejak Januari-Mei 2021, sudah ada 97 kasus pasien DBD di Kabupaten Probolinggo. Bahkan, di Maret lalu dari jumlah 53 kasus DBD salah seorang pasien di antaranya dilaporkan meninggal dunia. (*)

Baca Juga  Zero Pasien Covid-19 Dirawat, Rumah Isolasi di Gending Ditutup

 

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …