Probolinggo Bebas Zona Merah, Dispendik Akan Perluas PTM

PROBOLINGGO,- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sejak Senin (6/9/2021).

Mulai Senin (13/9/2021) besok, jumlah sekolah yang melakukan PTM ditambah. Hal itu sebagai pertimbangan, karena Kabupaten Probolinggo bebas dari zona merah terkait perkembangan kasus Covid-19.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rosi mengatakan, perluasan terhadap sekolah tersebut berlandaskan pada hasil evaluasi dari PTM sebelumnya. Di mana PTM yang sudah berjalan sudah satu minggu itu ternyata tidak mengalami masalah.

Dikatakan Rosi, protokol kesehatan (prokes) ketat juga sudah diterapkan oleh masing-masing sekolah. Mulai dari persentase jumlah siswa 50 persen untuk jenjang SD dan SMP, sedangkan untuk jenjang PAUD sebanyak 33 persen dari total siswa.

“Lalu setiap harinya hanya diperkenankan belajar selama delapan jam untuk tingkat SMP, enam jam untuk tingkat SD dan empat jam untuk tingkat PAUD. Dengan istirahat di dalam kelas selama 15 menit, dan masing-masing pelajaran hanya 30 menit saja,” kata Rosi, Minggu (12/9/2021).

PTM sebelumnya, lanjut Rosi, untuk tingkat PAUD sebanyak 24 sekolah, 24 sekolah TK, sebanyak 48 tingkat SD dan 40 SMP baik dari sekolah negeri maupun swasta. Sedangkan pada PTM tahap II ini, masing-masing sekolah tingkat PAUD dan TK sebanyak 238 sekolah.

Untuk tingkat SD, menurut dia, pihaknya mempunyai usulan sebanyak 510 sekolah. Dan untuk tingkat SMP sebanyak 63 sekolah yang bakal melakukan PTM tahap II ini. Jumlah tersebut belum dihitung dengan jumlah sekolah yang melaksanakan PTM sebelumnya.

“Namanya uji coba, kalau ada masalah kita nonaktifkan nanti. Kalau wewenang kami hanya sebatas sekolah tingkat PAUD hingga SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) itu merupakan wewenang dari provinsi,” katanya. (*)

Baca Juga  Pulang Beli Tembakau, 2 Remaja Disabet Begal 

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Ratusan Sekolah di Kabupaten Probolinggo PTM Terbatas

PROBOLINGGO,- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memperluas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Yakni, dengan menambah …