Muncul Klaster Perkantoran di Kota Pasuruan, Pasien Capai 34 Orang

PASURUAN,- Penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan kian membengkak. Selain klaster ziarah wali limo, lonjakan kasus Covid-19 juga disumbangkan oleh klaster perkantoran.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menjelaskan, pasien Covid-19 dari klaster perkantoran mencapai 34 orang. Pasien itu diantaranya 4 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Selain itu, lanjut Gus Ipul, ada 3 anggota DPRD, 7 pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, 1 Dispenda, 9 dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, 1 dari Dinsos, 1 Disperindag, serta 7 pasien dari Rumah Karantina.

“Kasus penyebaran Covid-19 di lingkungan ASN maupun perkantoran atau klaster perkantoran saat ini tinggi,” aku Gus Ipul, Minggu (27/6/2021)

Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, jelas Gus Ipul, sudah melakukan penanganan sebagaimana mestinya. Semua kotak erat ASN sudah di-tracing dan di-testing, semua kantor juga telah didisinfeksi.

“Sementara seluruh kegiatan ASN yang melibatkan massa seperti apel pagi juga senam caring bersama sementara ditiadakan,” tandas Gus Ipul.

Saat ini, sambungnya, para pasien dari klaster perkantoran melakukan isolasi mandiri. Ia menyebut, semua pasien positif Covid-19 klaster perkantoran masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Gus Ipul memastikan, pasien dari klaster perkantoran tidak tertular oleh pasien klaster ziarah. “Sebab mereka tertular dari luar tempat kerjanya dan bukan kontak erat klaster ziarah wali limo,” ia menegaskan.

Sekedar informasi, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Pasuruan mulai awal pandemi hingga Minggu (27/6/21) siang, mencapai 1.758 orang dengan kasus aktif 121 orang. (*)

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Pria Pencari Ikan di Pasuruan Ditemukan Meninggal di Sungai

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …