Kota Probolinggo Gelar Sekolah Tatap Muka, Guru Wajib Vaksin

MAYANGAN,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mulai menerapkan sekolah tatap muka (STM) di tingkat SLTP dan SD, baik negeri maupun swasta. Namun pembelajaran tatap muka yang dimulai sejak Senin (24/5/21) ini, sifatnya masih sebatas uji coba.

Pada hari kedua STM, Selasa (25/5/21), Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin, meninjau proses pembelajaran tatap muka dengan menggelar inspeksi mendadak (Sidak). Wali Kota sidak di 2 lokasi berbeda.

Dua sekolah itu meliputi SMPN 2 Kota Probolinggo, dan SDN Sukabumi 2 Mayangan. Wali Kota meninjau penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti pemakaian masker, cek suhu tubuh, serta penyediaan fasilitas cuci tangan di depan ruang kelas.

Wali Kota menjelaskan, pembelajaran tatap muka digelar setelah mendapat persetujuan dari wali murid. Namun menurutnya, selain penerapan prokes, ada sejumlah pembatasan yang diberlakukan.

Dijelaskannya, dalam STM ini sekolah menerapkan sistem shift. Setiap pembelajaran dibatasi maksimal 2 jam dan jumlah siswa dalam 1 kelas hanya 50 persen dari kapasitas normal. Selain itu, siswa wajib diantar dan jemput oleh orang tuanya.

“Kita berharap komitmen wali murid maupun orang tua, agar pembelajaran tatap muka ini dapat terus terlaksana. Meski demikian, jika orang tua menginginkan belajar dari rumah, sekolah akan tetap melayani,” kata Wali Kota.

Wali Kota menjamin, STM tidak akan menjadi klaster baru penyebaran virus korona. “Kasus Covid-19 di Kota Probolinggo sudah terkendali, para tenaga pendidik di setiap sekolah juga sudah divaksin,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Muhammad Maskur menyebut, STM memang sudah dirindukan oleh siswa. Sebab metode STM dinilai lebih efektif dibandingkan sekolah via dalam jaringan (daring).

“Respon waliurid tentang dimulainya pembelajaran tatap muka ini cukup baik, sehingga kita berusaha agar pembelajaran tatap muka terus terlaksana. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Maskur.(*)

Baca Juga  Pencurian di Besuk, Polisi Temukan Sejumlah Barang Bukti

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …