TINJAU: Harga Cabai Turun menjelang bulan ramadhan.

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit Mulai Turun 

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Menjelang bulan Ramadhan, cabai rawit yang sempat meroket hingga hingga Rp120 ribu per kilogram (kg), berangsur-angsur turun. Soalnya, pasokan komoditas bumbu pedas itu terus bertambah.

Riski Nur Zakariya (29), pedagang di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mengatakan, belum sepekan ini harga cabai rawit merah di pasaran terus menurun hingga di kisaran Rp70.000/kg.

“Sudah sejak empat harian harganya turun, tapi meski turun harganya masih tetap tinggi atau belum normal seperti biasa. Karena harga normalnya kalau cabai rawit merah itu di kisaran Rp30.000 per kilogram,” kata Kiki, sapaan akrab Riski Nur Zakariya, Minggu (4/4/2021).

Turunnya harga cabai rawit, lanjut Kiki, juga tak terlepas menjelang Ramadhan. Selain itu, menurut dia, faktor terkuat menurunnya harga cabai karena pasokan cabai di sejumlah pasar terus bertambah.

“Pasokan cabai dari luar daerah sudah mulai masuk, salah satunya dari Sidoarjo. Kemungkinan juga karena menjelang bulan puasa,” ungkap pria asal Kecamatan Krejengan ini.

Biasanya, sambung Kiki, harga cabai rawit di pasaran akan normal jika para petani banyak menanam cabai dan pasokan cabai dari luar daerah stabil bahkan lebih. Sehingga, pedagang cabai memutar otak agar cabai tidak busuk.

“Kalau sudah stabil semuanya, baru harganya normal. Karena kami tidak ingin merugi juga kalau stok banyak, bisa-bisa jika tetap mahal ya busuk dan tidak laku sama pembeli,” ungkap dia saat dikonfirmasi melalui sambungan selular.

Sementara itu, Ahmad Ghozali, petani cabai asal Kecamatan Maron menyampaikan, sejauh ini petani memilih tidak menanam cabai jika musim hujan, meskipun harganya cukup tinggi.

“Percuma juga kalau tanam cabai, hasil panennya rusak dan lagi-lagi faktor cuaca. Tapi jika sudah cuaca aman dan bersahabat, persaingan petani dan pemasok bisa menentukan normalnya harga cabai,” tutur Ghozali. (*)

Baca Juga  260 Bacakades Diverifikasi Pertengahan Maret

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …