Hiu Tutul Kini Bermunculan di Perairan Paiton

PAITON-PANTURA7.com, Kawanan hiu tutul bermunculan di perairan Desa Semberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (14/3/2021). Di pantai sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) itu, sedikitnya 5 ekor hiu tutul terlihat asyik berenang.

Kemunculan hiu tutul itu sempat direkam oleh pemancing bernama Kosim (30) warga Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk. Saat itu, ia bersama temannya yang sedang memancing di perairan TPI, terkejut kawanan hiu tutul berkelebat di perairan dangkal..

“Tidak sampai mengganggu hanya kami rekam saja saat lewat mengelilingi perahu kami, karena kami tahu itu satwa yang tidak membahayakan dan jarang sekali ditemui,” kata Kosim, Minggu (14/3/21).

Sementara itu, Ketua Pokmaswas Keranji Desa Binor, Kecamatan Paiton, Anton Marsono menyampaikan, munculnya satwa dilindungi itu sangat mengejutkan. Karena, kata dia, saat ini bukanlah waktu dimana hiu tutul muncul.

“Bukan bulan ini (Maret) musim hiu tutul menampakan diri di sepanjang perairan Probolinggo sampai Pasir Putih. Biasanya muncul berbarengan dengan musim udang rebon karena (udang) itu adalah makanan hiu tutul,” ungkap Anton.

Anton mewanti-wanti, masyarakat sekitar perairan khususnya nelayan, jika menjumpai hiu tutul untuk tetap menjaga jarak aman. Setidaknya, menurutny, tidak sampai membuat hiu tutul terganggu.

“Yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat, nelayan maupun pelaku wisata laut untuk tidak begitu dekat atau mendekat bahkan sengaja menggangu atau melukai hiu tersebut,” tutur pria yang akrab disapa Sonny itu.

Diketahui, hiu tutul sebelumnya juga terlihat berkeliaran di peraiarn utara Mayangan Kota Probolinggo, tepatnya di area pelabuhan DABN. Migrasi mamalia itu, diduga terjadi karena hiu tutul sedang mencari pakan. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publish : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pabrik Rokok di Paiton Segera Dilaporkan ke Polda Jatim

Baca Juga

Wisata Kembali Dibuka, 200an Jeep Banjiri Bromo

SUKAPURA,- Sempat ditutup selama libur lebaran, objek wisata Gunung Bromo kini kembali bisa dinikmati oleh …