Termakan Hoaks, Pedagang Pasar Gotong Royong Tutup Toko Hindari Vaksinasi

MAYANGAN-PANTURA7.com, Tim Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo, menggelar vaksinasi di Pasar Gotong Royong, Senin (8/3/2021) pagi. Namun vaksinasi yang dikhususkan kepada para pedagang ini justru bertepuk sebelah tangan.

Pantauan PANTURA7.com di lokasi, mayoritas lapak pedagang, dari pedagang sayur hingga penjual sembako memilih tutup lapak. Diduga, mereka sengaja tidak jualan guna menghindari penyuntikan vaksin sinovac.

Petugas Penarikan Retribusi Pasar Gotong Royong, M. Holil mengatakan, banyaknya pedagang yang tutup lapak karena sebelumnya mereka telah mendengar kabar bahwa pedagang akan divaksin.

“Sebelum digelarnya vaksinasi, petugas telah melakukan sosialiasi bahwa ada rapid tes antigen. Pedagang mendapat kabar bahwa itu tes rapid bukan suntik vaksin, sehingga banyak pedagang yang tutup, tidak berjualan,” ujar Holil.

Akibat banyaknya pedagang yang menutup lapak, akhirnya pedagang yang ikut vaksinasi hanya sekitar 60 orang. “Padahal targetnya 300 orang pedagang yang divaksin,” papar dia.

Salah satu pedagang Pasar Gotong Royong, Mudori’ah mengaku, ia menghindari vaksinasi Covid-19 karena takut. Sebab ia mempunyai riwayat darah tinggi sejak beberapa tahun yang lalu.

“Karena saya punya darah tinggi, jadi saya menghindari vaksinasi. Sehingga akhirnya saya memilih untuk tutup toko dan tidak berjualan,” aku Mudori’ah.

Hal senada disampaikan pedagang lainnya, Hamzah. Menurutnya, ia terpaksa menutup toko dan pulang ke rumahnya demi menghindari suntik vaksin Covid-19.

“Saya takut divaksin, saya takut mengalami efek samping setelah vaksin, katanya ada efek sampingnya,” tandas dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT




Baca Juga  Waspada, Jalan Berlubang di Desa Sentong Membahayakan

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …