Stok Darah Menipis, GP Ansor Kraksaan Sumbangkan 1000 Kantong Darah

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo menipis. Bahkan golongan darah AB, stoknya sering kosong selama pandemi Covid-19.

Menyikapi hal itu, Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinngo, menggelar donor darah massal, Sabtu (20/2/2021). Donor darah dihelat di kantor PC GP Ansor di Jl. Rengganis, Kelurahan Patokan, Kota Kraksaan.

Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan, Taufiq mengatakan, donor darah dilakukan guna membantu PMI menyediakan kebutuhan darah di masa pandemi. Selain itu, paparnya, juga sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke-98.

Dikatakan Taufiq, pihaknya menargetkan 1000 kantong darah dalam bakti sosial itu. Rencananya, donor darah massal akan digelar di beberapa titik berbeda.

“Target kita seribu kantong darah terkumpul. Tahap awal, kita mulai hari ini kemudian dilanjutkan di beberapa daerah sampai target seribu kantong tercapai, Kabupaten Probolinggo memang sangat butuh stok darah,” ujar Taufiq.

SCREENING : Warga menjalani screening sebelum mendonorkan darahnya dalam donor darah massal yang digelar PC GP Ansor Kota Kraksaan. (foto : Moh. Ahsan Faradies)

Dalam donor darah ini, imbuh Taufiq, pendonor tidak hanya dari kalangan internal PC GP Ansor Kota Kraksaan dan jajaran. Melainkan juga berlaku bagi semua warga yang ingin mendonorkan darahnya ke PMI.

“Tentunya akan kami sosialisasikan lebih dulu sebelum menggelar donor darah selanjutnya. Informasi yang kami dapatkan, stok darah di Kabupaten Probolinggo memang dibutuhkan, stoknya sangat tipis,” Taufiq menjelaskan.

Di lokasi yang sama, Tenaga Teknis PMI Kabupaten Probolinggo, Mudiono menyampaikan, sejak pandemi Covid-19 melanda, pihaknya memang kewalahan menyediakan stok darah.

“Dalam satu bulan, kebutuhan darah kita antara 500 hingga 600 kantong, karena setiap pasien membutuhkan 3 hingga 4 kantong sekali pakai. Bahkan stok darah AB bulan ini kita kosong,” tutur Mudiono.

Baca Juga  Pernikahan Dini di Lumajang Tertinggi Kelima di Jawa Timur

Sejatinya, jelas Mudiono, semua jenis darah dibutuhkan, baik golongan darah A, B dan O atau AB. “Tapi stok darah yang paling sulit kita dapatkan itu golongan AB karena golongan darah ini memang langka,” pungkasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …