Harga Cabai Tinggi, Petani Terancam Rugi, Lho?

WONOASIH-PANTURA7.com, Sejumlah petani di Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, ramai-ramai panen cabai. Petani panen dini untuk memanfaatkan harga cabai yang tengah meroket.

Salah seorang petani, Mudmiatun mengatakan, saat ini harga jual cabai rawit di pasaran memang tengah mahal, konon mencapai Rp 90 ribu per kilogram (Kg). Sementara ditingkat petani, harganya berkisar Rp 60 ribu/Kg.

“Kami menjualnya ke tengkulak dengan harga 50 ribu/Kg, paling tinggi Rp 60 ribu/Kg,” kata Mudmiatun, Sabtu (20/2/2021) saat ditemui di sawahnya.

Meski harga cabai rawit melambung, namun dikatakan Mudmiatun, kualitas dan kuantitas panen tak sebaik saat musim kemarau. “Karena hujan tiap hari, cabai banyak yang busuk,” ujar dia.

Oleh karenanya, dijelaskan Mudmiatun, ia dan sejumlah petani cabai lainnya memilih panen dini. Langkah itu ditempuh, selain mengejar harga cabai yang sedang tinggi, juga untuk menghindari kerugian akibat banyaknya cabai yang membusuk.

“Saat musim hujan seperti ini, sawah dengan luas setengah hektar hanya bisa panen sebanyak 20 kilogram sekali petik. Padahal jika musim kemarau, dengan luas lahan yang sama bisa menghasilkan satu kwintal,” imbuhnya.

Turunnya jumlah hasil panen, diakui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo Fitriawati, sebagai penyebab melambungnya harga komoditas cabai di pasaran.

Menurut Fitriawati, hasil panen cabai petani tidak melimpah seperti saat musim kemarau karena banyak cabai rusak dan busuk. Ia juga memastikan, tidak ada unsur penimbunan dalam lonjakan harga cabai.

“Dari pantauan tim, naiknya harga cabai ini lebih dipengaruhi faktor kurangnya pasokan cabai dari petani karena cuaca buruk. Jadi bukan karena adanya penimbunan cabai oleh oknum-oknum tertentu,” bebernya. (*)

Baca Juga  Giliran Petani Garam Tolak Impor

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …