Penyelundupan Narkotika Dalam Perut Ikan Mujaer di Rutan Medaeng Digagalkan

SIDOARJO-PANTURA7.com, Berbagai modus dilakukan guna menyelundupkan narkotika ke dalam lapas atau rutan. Terbaru, seorang pria berinisial HA, berupaya menyelundupkan narkotika ke Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng dengan cara dimasukkan dalam perut ikan mujaer, Jum’at (19/2/2021).

Pelaku HA memanfaatkan layanan penitipan barang drive thru. Oleh petugas rutan, pria yang berdomisili di Surabaya itu diminta menunggu sampai barang selesai diperiksa petugas.

HA mengaku sebagai keponakan HBR, tahanan kasus penyalahgunaan narkotika. “Saat itu, HA menitipkan makanan dan obat-obatan untuk tahanan kami bernama HBR,” terang Kepala Pengamanan Rutan Medaeng, Deri Prihandoko.

Sesuai peraturan yang berlaku, petugas rutan yang melayani penitipan barang memindahkan barang yang dititipkan ke kantong plastik transparan. Lalu petugas menggeledah makanan yang dititipkan, berupa 7 ekor ikan pepes mujaer.

Tak mau tertipu, petugas memeriksa makanan tersebut. “HA ini menunjukkan gelagat yang mencurigakan saat kami memindahkan makanan ke dalam plastik, kami langsung ambil tindakan,” imbuh Deri.

Kecuriagaan petugas terbukti. Saat membuka perut ikan pertama, terdapat serbuk kristal putih yang dibungkus kertas. Kertas tersebut dipilin mirip rokok lintingan. Nah, didalamnya terdapat serbuk kristal putih yang dibungkus plastik klip.

Hal yang sama juga ditemukan saat petugas membedah ikan-ikan selanjutnya. Sementara pelaku HA, diamankan atas sangkaan penyelundupan narkotika ke dalam rutan.

“Barang bukti belum ditimbang, tapi ada tujuh paket diduga sabu, enam dibungkus kertas, satu paket dibungkus plastik klip,” tutur Kepala Rutan Medaeng, Wahyu Hendrajati.

Pihak rutan lantas menghubungi Polsek Waru, untuk menindaklanjuti temuan itu. “Saat ini kami sedang melakukan interogasi dan mengamankan HBR di sel isolasi,” tandas Hendrajati. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Demi 'Konten', Sekelompok Pemuda Tawuran di Kuburan

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …