Terjadi Konsleting Listrik, Bangunan di PTKL Terbakar

LECES-PANTURA7.com, Kebakaran terjadi di kompleks PT. Kertas Leces (PTKL), Kabupaten Probolinggo, Minggu (14/2/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini.

Kapolsek Leces AKP Ahmad Gandi menuturkan, si jago merah pertama kali terlihat sekitar pukul 05.00 WIB. Petugas keamanan pabrik lantas mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun dikatakan Gandi, kobaran api yang melalap bangunan penyimpanan barang dan dokumen di belakang pos satpam itu kian membesar. Petugas keamanan pabrik pun kelimpungan.

“Menurut petugas keamanan pabrik, api pertama kali muncul sekitar pukul 05.00 WIB. Karena takut merembet, petugas keamanan kemudian menghubungi pemadam kebakaran,” ujar Gandi.

Tak sampai 30 menit, api sudah menghanguskan sejumlah barang yang ada di bangunan berlantai 2 itu. Api mulai terkendali setelah satu unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Probolinggo tiba di lokasi dan melakukan pemadaman.

Menurut Gandi, barang-barang yang ludes terbakar hanya yang tersimpan di lantai dasar. Sementara ruang lantai 2, tidak sampai hangus setelah api berhasil dipadamkan oleh Tim Damkar.

“Dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran ini kuat diduga karena terjadi konsleting listrik. Percikan api kemudian menyambar barang yang mudah terbakar di dalam bangunan,” Gandi menjelaskan.

Mantan Kanitlaka Satlantas Polres Probolinggo Kota menambahkan, saat ini api sudah sepenuhnya padam. Pembasahan juga telah dilakukan sebagai antisipasi munculnya bara api yang berpotensi menyebabkan kebakaran kembali terjadi.

“Pembasahan dilakukan untuk memastikan api benar-benar padam. Alhamdulillah tidak ada korban, kerugian material ditaksir sekitar Rp 20 juta,” pungkas Kapolsek. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Polres Probolinggo Bongkar Peredaran Okerbaya via Jasa Pengiriman, 2 Pemuda Dibekuk

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …