Pertama di Jatim, BPBD Awasi Erupsi Gunung Api via CCTV

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dampak erupsi Gunung Bromo, kini bisa diantisipasi lebih cepat. Sebab pemantauan visual gunung api aktif itu bisa dilakukan tanpa harus berada di kawasan lereng bromo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, memasang Closed-Circuit Television (CCTV) di kaldera lautan pasir. Kamera itu dipasang sebagai pengawas aktifitas visual Gunung Bromo.

Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi menjelaskan, CCTV ini mempunyai akurasi yang nyaris sempurna. Sebab memiliki kemampuan zoom in 35 kali, anti fooging atau anti kabut, bisa berputar 360 derajat dan dilengkapi 90 tilt up and down.

“Dengan alat ini kita bisa memantau kont Gunung Bromo setiap saat. Jadi misalkan terjadi bencana di Gunung Bromo, kami bisa bertindak lebih cepat,” papar Anggit ditemui di kantornya, Jumat (29/1/2021).

Pemasangan CCTV untuk mengawasi aktivitas visual Gunung Bromo, menurut Anggit, sudah atas seizin Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Bromo serta Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

“Sebenarnya (alat ini) sudah kami idamkan sejak 2015. Namun baru bisa terealisasi saat ini. Kami harap kedepannya, bisa bermanfaat terutama dalam hal penanggungan bencana akibat erupsi Gunung Bromo,” bebernya.

Dengan jarak sekitar 33,2 kilometer dari kantor BPBD Kabupaten Probolinggo di Jl. Soekarno-Hatta Kota Probolinggo ke Gunung Bromo, imbuhnya, pengawasan aktifitas Gunung Bromo lebih mudah. Apalagi kamera itu bisa beroperasi 24 jam non-stop.

“Memang belum sempurna, tapi secara bertahap akan terus kami benahi dan sempurnakan. Kalau koneksi atau bandwith-nya besar, tentu pengawasan akan lebih maksimal,” ia menjelaskan.

Ia menambahkan, pengawasan yang dilakukan BPBD via CCTV itu hanya sebatas pengawasan visual pada permukaan gunung. “Pengamatan di perut gunung, kewenangan PVMBG,” tandas Anggit.

Baca Juga  Ibu Bersalin Gangguan Jiwa, Hak Asuh Diambil Alih

Anggit mengklaim, pengawasan gunung api dengan memasang CCTV seperti itu, merupakan yang pertama dilakukan BPBD di Jawa Timur. “Insya-Allah seperti itu,” pungkas pejabat yang segera memasuki purna tugas ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …