Via Rapid Antigen, Satu Anggota Polsek Pajarakan Positif Covid-19

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo menggelar tes rapid antigen di 2 pasar sekaligus. Yakni Pasar Sukokerto dan Pasar Ketompen, Kecamatan Pajarakan, Kamis (7/1/2021).

Dalam tes cepat deteksi virus korona di dua pusat perbelanjaan itu, petugas merapid 98 orang pedagang dan pengunjung pasar. Rinciannya, 31 orang di pasar Sukokerto dan 67 orang di Pasar Ketompen.

Hasilnya, satu orang peserta rapid tes anti antigen di Pasar Sukokerto dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang tersebut merupakan anggota Polsek Pajarakan.

Kapolsek Pajarakan, Iptu Sugeng Harianto membenarkan bahwa satu orang yang dinyatakan terpapar Covid-19 di Pasar Sukokerto merupakan anggotanya. Anggotanya menjalani rapid tes antigen karena jumlah pendaftar tes sedikit lantaran banyak pedagang yang memilih tidak berjualan.

“Karena kwatir seperti yang terjadi di pasar-pasar lainnya, sehingga kami pancing dengan terlebih dahulu anggota polsek termasuk saya di rapid. Akhirnya, satu dari 9 anggota polsek (yang rapid tes antigen) hasilnya positif,” kata Kapolsek Pajarakan, Iptu Sugeng Harianto.

Kemudian, lanjut Kapolsek, setelah diketahui anggotanya terkonfirmasi positif Covid-19, ia meminta anggota yang terkonfimasi positif tersebut untuk isolasi mandiri sembari menunggu jadwal tahapan tes swab.

“Tadi anggota yang positif sudah saya suruh untuk isolasi mandiri sambil nunggu jadwal PCR (Polymerase Chain Reaction) atau swab. Rencana besok dibawa ke lakesda (Laboratorium Kesehatan Daerah),” tuturnya.

Pasca ia dan anggotanya rapid tes antigen, akhirnya banyak pelaku pasar yang ikut tes. Dalam momentum itu, Polsek Pajarakan juga mensosialisasikan pentingnya menjalani tes rapid antigen di masa pandemi Covid-19.

“Kami yang sudah di-rapid antigen lalu mensosialisasikan kepada warga bahwa tidak akan terjadi apa-apa dan rasanya tidak seperti yang dibayangkan. Akhirnya banyak pedagang berdatangan meskipun lapak jualannya ditutup,” ujar Kapolsek memungkasi. (*)

Baca Juga  Pasien Covid-19 di Kota Probolinggo 80 Persen Tanpa Gejala

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …