Pengamanan Alun-alun Kraksaan Lemah, Pol PP – DLH Saling Tuding

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sejak Januari hingga November 2020, sebanyak 17 kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) terjadi di wilayah Kecamatan Kraksaan. Belasan kasus itu hanya terjadi di 2 tempat, yakni Taman SL Park Desa Sumberlele dan Alun-alun Kota Kraksaan.

Maraknya kasus pencurian di dua taman kota tersebut, membuat masyarakat berharap agar pengamanan ditingkatkan. Salah satunya dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV) di SL Park dan Alun-alun Kota Kraksaan.

Sayang, asa warga nampaknya masih harus dipendam dalam-dalam. Sebab, beberapa instansi berwenang justru saling tuding, alih-alih memberikan solusi nyata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan, pihaknya memang mendapatkan amanah untuk mengelola taman sebaik mungkin. Namun, terkait kemanan di sekitar taman, bukanlah tugasnya.

“Porsi kami adalah merawat tamannya, terkait keamanan itu tugasnya Satpol PP. Jadi misalnya kami yang melakukan pemasangan CCTV, itu tidak sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi, red) kami,” kata Dwijoko Senin (16/11/2020).

Sementara itu, Kasi penyidikan Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo menyebut, menjaga keamanan dan ketertiban umum memang menjadi wewenang Satpio PP. Namun hal itu bukan berarti pihaknya harus memasang CCTV.

“Kami memang bertugas menjaga keamanan, seperti melakukan patroli rutin menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sedangkan pemasangan CCTV mungkin itu ranahnya Diskominfo,” elak dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo) Yulius Christian mengatakan, pemasangan CCTV di 2 taman tersebut masih perlu dikaji. Sebab menurutnya, tidak mudah mengubah anggaran yang sudah ada demi mengakomodir pemasangan CCTV.

“Tentunya perlu kajian lagi. Tapi yang paling penting sebetulnya adalah masyarakat itu perlu lebih berhati-hati. Jangan sampai kendaraan luput dari pengawasan, biar sama-sama aman,” imbau mantan Camat Sukapura ini.

Baca Juga  Dua Calon Sekda Bantah Terlibat Politik

Selanjutnya, PANTURA7.com berupaya mengkonfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, Bambang Singgih Hartadi melalui pesan singkat WhatsApp. Sayang, Bambang bungkam dan mengabaikan pesan pribadi yang sudah dibacanya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Pemkot Probolinggo Belum Mulai Lelang Barang dan Jasa, Terkendala Hal ini

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo hingga triwulan pertama ini belum melakukan tender pengadaan barang dan …