Proses Pelantikan PKD se-Kecamatan Paiton

PKD Kabupaten Probolinggo Dilantik, Paiton Terbanyak

Probolinggo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo mulai melantik 330 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) pada Minggu (5//2023). Pelantikan akan berlangsung selama dua hari hingga Senin (6/2/2023) besok.

Masing-masing PKD, mengikuti prosesi pelantikan di kecamatan masing-masing, seperti halnya PKD se-Kecamaran Paiton yang prosesinya digelar di salah satu pusat wisata setempat.

Komisioner Bawaslu setempat Zaini Gunawan mengatakan, 330 PKD yang dilantik merupakan peserta yang sudah dinyatakan lulus dan terpilih dalam seleksi wawancara yang dilakukan oleh masing masing Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

Sebelumnya, terdapat 1.448 pendaftar yang lulus seleksi administrasi. Namun jumlah tersebut akhirnya semakin mengerucut seiring berjalannya tahapan tes, hingga terpilih 330 orang untuk mengisi posisi di 325 desa dan 5 kelurahan se-Kabupaten Probolinggo.

“Kami minta untuk menjaga integritas dan loyalitas gunakan media komunikasi untuk melakukan Koordinasi. Serta menjaga nama baik lembaga Bawaslu,” kata Komisioner yang menggawangi Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi tersebut, Minggu.

Sementara itu, Ketua Panwascam Paiton Fathorrosi mengatakan, jumlah PKD yang ada di wilayahnya merupakan yang terbanyak se Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, jumlah desa di Kecamatan Paiton merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan kecmaatan lainnya.

“Untuk di Kecamatan Paiton ada 20 orang yang akan mengisi 20 desa. Semoga yang dilantik ini bisa menjaga amanah sebagai penyelenggara pemilu dengan baik,” paparnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tanaman Hutan Kota Dipasang QR Code dan Label, Apa Tujuannya?

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …