DISALURKAN: Warga penerima manfaat menerima BLT DBHCHT secara simbolis dari Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni. (foto: Asmadi)

Kucuran Dana BLT DBHCHT Membuat Warga Tempeh Lumajang Tetap Sumringah Meski Terik Matahari Menyengat

Lumajang,- Terik matahari menyengat, tak mengurangi keceriaan warga Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Pasalnya, mereka baru saja menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023 di balai desa setempat, Minggu (29/10/23).

“Pagi hari ini saya hadir disini dalam rangka penyaluran BLT DBHCHT sebagai bentuk kepedulian sosial, terutama dalam meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni atau Yuyun usai serahkan bantuan kepada warga penerima manfaat.

BLT DBHCHT Kecamatan Tempeh, jelas Yuyun, diberikan untuk 500 warga penerima manfaat yang berasal dari Desa Sumberjati, Lempeni, Pandanarum, Jatisari, Pandanwangi, Tempeh Kidul, Tempeh Lor dan Tempeh Tengah.

Penyaluran dana BLT DBHCHT ini, telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati yang mengatur secara teknis tentang Penyaluran BLT DBHCHT.

Tujuannya, untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dalam rangka pemulihan perekonomian masyarakat khususnya bidang pertanian tembakau melalui anggaran DBHCHT.

“Kami harap bantuan ini bisa memberikan manfaat, terutama di dalam mengatasi masalah pertanian. Semoga penyaluran bantuan berjalan dengan lancar dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

BLT DBHCHT tersebut, menurut Yuyun, merupakan salah satu program Pembinaan Lingkungan Sosial dalam rangka pemulihan perekonomian di daerah di Kabupaten Lumajang.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan rasa adil, meningkatkan daya beli masyarakat penerima, mengurangi dampak inflasi dan kenaikan BBM, serta sebagai upaya dalam pengentasan kemiskinan ekstrim.

“BLT DBHCHT disalurkan kepada buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok dan pekerja di lingkungan pabrik rokok yang tidak menangani secara langsung proses produksi,” ungkapnya.

Sekedar informasi, penyaluran BLT DBHCHT di Kabupaten Lumajang dilakukan di 16 lokasi berbeda, sejak tanggal 24 Oktober 2023 sampai dengan 15 Nopember 2023. (*)

Baca Juga  Bocah Stunting di Lumajang Tertinggi ke-4 di Jawa Timur

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …