Akhirnya, Ibu-anak Penghuni Gubuk Dapat Bantuan

MARON-PANTURA7.com, Nenek Suami (72), warga Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, mulai bisa bernafas lega. Selama beberapa hari kedepan, kebutuhan hidup sehari-hari dia dan sang anak, Hartono (45) dapat terpenuhi.

Sebab, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Sosial (Dinsos), telah menyalurkan bantuan kemanusiaan, seperti perabotan rumah tangga dan sembako kepada sepasang ibu dan anak yang tinggal di gubuk reot tersebut.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Dinsos Kabupaten Probolinggo, Ofie Agustin menyampaikan, pihaknya telah mengirim tim untuk mendatangi rumah Suami yang tinggal di Dusun Sumur RT 15 RW 005, Desa Brabe, pada Sabtu (26/9/2020).

“Sudah kita lakukan assessment dan langsung kami berikan bantuan kebutuhan sehari-hari dan alat-alat dapur. Bantuan yang lain akan menyusul, semoga bisa membantu beban hidupnya,” kata Ofie via sambungan seluler, Minggu (27/9/2020).

Ofie menambahkan, keluarga Suami sejatinya terdaftar dalam penerima Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Sedangkan Hartono, kata dia, sudah terdaftar sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Informasi yang kami peroleh dari petugas di Kecamatan Maron, KKS-nya (Kartu Keluarga Sejahtera, red) tertelan di ATM, namun sudah ada gantinya. Informasi bahwa mereka sama sekali tidak menerima bantuan apapun, kami akan tracking dulu,” ujar Ofi.

Meski sudah memberikan paket bantuan, namun papar Ofie, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk merehab tempat tinggal semi permanen, yang mereka tinggali. Sebab kebijakan rehab rumah merupakan kewenangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim).

“Rumahnya masuk program usulan Perkim tahun 2020 dan seharusnya memang dilaksanakan tahun 2020 juga. Tetapi karena Covid-19, akhirnya programnya tertunda,” ujar Ofi.

Diketahui, Suami dan anaknya Hartono, kesulitan menjalani hidup karena kondisi ekonomi yang pas-pasan. Keduanya tinggal di gubuk reot, yang sudah berusia sekitar 40 tahun. Ironisnya, Suami harus menjadi tulang punggung keluarga setelah penglihatan Hartono, tidak sempurna sejak lahir. (*)

Baca Juga  Gelar Diseminasi, Pertuni Sebut 7.641 Warga Probolinggo Sandang Difabel


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …