Rawan Tertular, Keluarga 3 PSK HIV/AIDS Akan Diperiksa

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tiga Pekerja Seks Komersial (PSK) yang positif mengidap pengakit HIV/AIDS, kini menjalani perawatan intensif oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo. Petugas juga akan memeriksa keluarga 3 PSK ini karena rawan tertular penyakit mematikan itu.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Probolinggo, Dewi Veronica mengatakan, pihaknya telah melakukan tes kesehatan kepada 9 PSK, hasil razia Satpol PP setempat. Hasilnya, 6 PSK dinyatakan negatif HIV/AIDS.

“Sementara tiga diantaranya sudah positif mengidap HIV/AIDS. Hal ini kami ketahui setelah menerima hasil uji laboratorium,” kata Dewi, Minggu (2/11/2018).

Selanjutnya, selain memberikan pengobatan, pihaknya bergerak cepat melakukan pembinaan dan pendampingan kepada ketiganya. Tujuannya, agar virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu tidak semakin menyebar serta menular ke orang lain.

“Supaya tidak semakin menyebar keseluruh tubuh dan menggrogoti daya tahan tubuh mereka. Tidak hanya itu, kami juga meminta mereka untuk mengkonsumsi obat dari kami,” tambah dia.

Dalam waktu dekat, pihaknya jelas Dewi, akan memanggil keluarga 3 PSK ini untuk menjalani tes kehatan. “Dikhawatirkan, anak, suami, dan orang terdekatnya juga tertular HIV/AIDS juga. Hal itu harus dicegah, terutama untuk anak kecil,” tandas dia.

Diketahui, 9 PSK kategori Big Beatiful Women (BBW) terjaring razia yustisi Satpol PP Kabupaten Probolinggo, saat petugas merazia lokalisasi di Desa Sepohgembol, Kecamatan Wonomerto, pekan lalu. Setelah menjalani tes kesehatan, 3 dari 9 PSK terinfeksi HIV/AIDS. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Ratusan Life Jacket Dibagikan Untuk Keselamatan Pelayaran

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …