Jaga Ekosistem, 20 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Sungai Pekalen

TIRIS-PANTURA7.com, Memperingati Hari Sungai Sedunia, atlet Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Probolinggo menanam bibit pohon dan menebar benih ikan di Sungai Pekalen, Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Minggu (27/9/2020).

Ketua FAJI Kabupaten Probolinggo Mahdi menyebut, aksi peduli lingkungan itu dilakukan guna menjaga ekosistem sungai. Bibit yang ditanam di pinggiran Sungai Pekelan adalan bibit pohon mangga dan alpukat.

“Ketika bibit pohon itu besar, bisa dimanfaatkan warga sekitar. Kami harap warga turut merawat pohon tersebut,” kata Mahdi.

Selanjutnya, para atlet arung jeram atau rafting tersebut menebar 20 ribu benih ikan wader dan tawes di sepanjang sungai lereng pegunungan argopuro itu. Dua jenis ikan tersebut selama ini memang dikenal berhabitat di sungai.

Menurut Mahdi, tebar benih ikan bertujuan menambah stok ikan di sungai. Ikan yang ditebar nantinya ketika sudah besar juga bisa dimanfaatkan warga untuk dikonsumsi ataupun dijual sebagai penunjang pendapatan.

“Kami mohon warga tidak menggunakan racun, setrum dan dinamit saat menangkap ikan, demi menjaga ekosistem sungai,” harap pria yang juga anggota DPRD Jatim ini.

Penebaran benih ikan dan penanaman pohon, dikatakan Mahdi, juga didukung oleh Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Ketua FAJI Provinsi Jawa Timur Imam Santoso menuturkan, stok pohon dan ikan di aliran sungai memang sudah jarang. Oleh karenanya, ia mengapresiasi aksi peduli lingkungan tersebut.

Ia yakin, penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan sepanjang 12 KM di Sungai Pekalen bisa menggugah kesadaran pelaku wisata rafting dan masyarakat sekitar, untuk menjaga ekositem sungai.

“Kita ingin ekosistem sungai terjaga. Dengan wisatawan yang banyak, maka dilakukan penghijauan, penebaran benih ikan dan bersih-bersih sungai,” tandas Imam.

Baca Juga  Leganya Kader Partai Demokrat Probolinggo, PK Moeldoko Ditolak MA

Imam menambahkan, Sungai Pekalen dipilih sebagai pusat kegiatan sosial karena merupakan sungai pertama yang dibuka menjadi destinasi wisata di Jatim. “Itu sejak tahun 1999,” pungkas dia. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …