PURWOREJO-PANTURA7.com, Memasuki adapatasi kebiasaan baru, masker menjadi barang yang wajib dikenakan ketika keluar rumah. Mengenakan masker menjadi bagian dari protokol kesehatan Covid-19 dalam bentuk 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

World Health Organization (WHO) menyarankan masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika bepergian agar terhindar dari penularan Covid-19. Pemerintah pun tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat atas pentingnya menggunakan masker.

Namun, fungsi masker mulai berkembang tidak hanya sekedar pelindung alat pernafasan, melainkan juga menjadi fashion. Tak ayal, ragam jenis dan motif masker pun bermunculan guna memenuhi permintaan pasar.

Salah seorang penjual masker, Bowo (58) mengatakan, saat ini ia pun juga harus beradaptasi dengan permintaan masker yang beragam. Jika tidak, maka barang dagangannya bisa saja ditinggal pembeli.

“Ini masker scuba untuk anak-anak, dengan gambar karakternya. Untuk orang dewasa bermacam-macam, ada yang polos hingga warna-warni keren, masker untuk hijab juga ada,” katanya saat ditemui di lapaknya, di Jl. PB Sudirman, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jum’at (14/8/2020).

Pria asal Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan ini menambahkan, harga jual masker fashion ini tergolong murah, mula Rp 8 ribu hingga Rp10 ribu per helai, tergantung kualitas bahan, model dan karakter maskernya.

“Yang paling banyak laku terjual itu model scuba karakter, dengan harga Rp 10 ribu per helainya,” imbuh dia.

Salah seorang pembeli, Abdullah (21), mengakui bahwa masker sudah bukan sekedar alat pelindung pernafasan. Menurutnya, masker telah menjadi fashion sejak Covid-19 yang meluas pada Maret 2020 lalu ditetapkan sebagai pandemi.

“Dengan model dan warna yang beragam, masker tentu akan lebih menarik saat dikenakan. Biasanya juga disesuaikan dengan pakaian pemakainya,” papar warga Desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan ini.

Baca Juga  Berburu Kerang, Liburan Asyik saat Pandemi

Ia berharap, jenis dan karakter masker yang beragam, kian menyadarkan masyarakat akan pentingnya menggunakan masker. “Masker sama halnya dengan helm yang harus dipakai saat mengendarai kendaraan bermotor,” tutup Abdullah. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT