Marak, Penjual Kambing Musiman Jelang Idul Adha

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang Idul Adha, banyak orang yang menjadi pedagang kambing musiman. Rupanya tak sedikit keuntungan yang mereka dapatkan.

Beberapa penjual kambing kurban tampak berjualan di pinggir jalan di Kota Probolinggo. Seperti di Jalan KH Hasan Genggong atau Jalan Raya Lumajang, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran.

Minimnya lahan membuat mereka berjualan di atas trotoar jalan. Termasuk Hafid (37), pria yang sudah dua tahun berjualan kambing musiman. Ia memanfaatkan momentum menjelang Idul Adha.

“Sudah sejak tahun kemarin saya jual kambing. Harganya macam-macam dari yang murah 2 juta sampai 4 juta tergantung ukuran,” ucap warga Sukoharjo, Senin (5/8).

Hafid mengaku, mengoleksi 22 kambing, 10 di antaranya sudah terjual. Namun beberapa ekor sudah ada yang pesan hanya saja belum dibawa pembelinya.

Ia memang rutin merawat kambing-kambingnya yang dijual hanya ketika Idul Adha. Alasannya karena ia tergiur keuntungan.

Disinggung kenapa berjualan di trotoar, ia mengaku, tidak ada masalah termasuk terguran. “Kami sudah berjualan 10 hari, sejauh ini belum ada larangan. Ya mudah-mudahan tidak ada karena selain tiap sore kami bersihkan, jualan kami hanya sementara,” tandasnya.

Ia berharap ada toleransi dari pihak terkait. Namun jika  dilarang ia akan menggunakan lahan milik tetangga. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Libatkan 21 Polsek, Sapi Dicek Setiap Hari

Baca Juga

Pusat Oleh-oleh Ketapang Kota Probolinggo Kini Tidak Seramai Dulu, Mengapa?

Probolinggo,- Kota Probolinggo memiliki pusat oleh-oleh di jalur Pantura Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, yang selalu …