Anggur Menyusut, Program Satu Rumah Satu Tanaman Digagas Walikota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menyusutnya jumlah batang anggur di Kota Probolinggo membuat Pemkot Probolinggo khawatir. Walikota Hadi Zainal Abidin pun mencanangkan program tiap rumah menanam satu batang anggur.

Hal itu terungkap saat Walikota yang akrab disapa Habib Hadi memanen buah anggur di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Selasa (17/12).

Berdasar data Juni 2019, populasi anggur di Kota Probolinggo sebanyak 4.600 batang. Padahal sekitar lima tahun sebelumnya ada 6.000 batang.

“Jadi ada penyusutan jumlah pohon anggur sebanyak 1.400 dalam lima tahun terakhir,” kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yoyok Imam S.

Turunnya populasi anggur dijelaskan karena beberapa faktor. Yakni, banyaknya pohon anggur yang mati dan kurangnya peremajaan.

Atas hal itu, upaya serius terus dilakukan Habib Hadi untuk mengembalikan ikon Probolinggo sebagai kota anggur dan mangga. Bahkan ia punya program untuk meningkatkan volume anggur.

“Kita imbau kepada masyarakat untuk satu rumah menanam satu pohon anggur. Sebab kita tahu anggur adalah ikon Kota Probolinggo,” jelasnya.

Sehingga dengan program tersebut, pihaknya optimistid kejayaan Kota Probolinggo sebagai penghasil anggur seperti era 80-an saat Habib Hadi masih anak-anak. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Probolinggo Jadi Kabupaten Termiskin ke 4, Bupati Tantri Kumpulkan Kades

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …