Proyek Revitalisasi Alun-alun Terlambat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Proyek revitalisasi alun-alun Kota Probolinggo terlambat penyelesaiannya. Hal itu diketahui saat jajaran Komisi III DPRD Kota Probolinggo melakukan sidak, Selasa (15/12) siang.

Sebanyak delapan anggota Komisi III menyidak proyek alun-alun. Namun pekerja yang saat itu tengah istirahat tidak berani menjawab beberapa pertanyaan Komisi III.

“Kedatangan kami ingin memastikan sejauh mana progress pelaksanaan revitalisasi alun-alun. Namun tidak ada pelaksana yang bisa berkomentar,” kata Ketua Komisi III, Agus Riyanto.

Politisi PDIP itu kemudian menelepon Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Amin Fredy. Diperoleh jawaban, progress proyek sudah plus 2% . Dari 86% target sesuai schedule, kini mencapai 88% .

Saat Komisi III hendak meninggalkan lokasi, pengawas pelaksana proyek datang dan menjelaskan hal yang justru berbeda daripada keterangan Dinas PUPR.

“Keterangan berbeda justru disampaikan pengawas bahwa progress saat ini mengalami keterlambatan. Nah ini kan tidak sama saat kami telpon Dinas PUPR tadi,” jelas Agus.

Kepada awak media, Konsultan Pengawas dari CV Setya Leksana, Hari Pujo mengaku, proyek senilai 4,8 milliar rupiah itu terlambat 11,21%.

“Sesuai schedule atau target hari ini sebanyak 91,39%, sedangkan progress saat ini masih 80,18%. Artinya ada selisih keterlambatan 11,21% ,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Pujo itu menjelaskan, salah satu kendalanya adalah faktor finansial. Namun ia tidak tahu sebab itu ranah pelaksana.

Yang selesai sampai saat ini, menurutnya ialah dua unit pendopo, pas batu kali penahan urukan dan pot tanaman, laveling urukan sirtu, laveling urukan pasir, urukan tanah taman, areal olahraga voli, dan sebagian paving pada pedestrian.

Diketahui, proyek bernama kegiatan ‘Revitalisasi Alun-Alun Kota Probolinggo’ ini dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu. Dengan durasi waktu pengerjaan selama 120 hari, menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebanyak Rp4,8 milliar.

Baca Juga  Antisipasi Bencana, BPBD Siaga Personel dan Alat 24 Jam

Jika sesuai target, proyek Dinas PUPR melalui CV Faradis Mulia Makmur ini selesai pada 26 Desember mendatang. Artinya sisa pengerjaan yang tersisa ialah 9 hari. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …