Ketua Geng Anjal dan 4 Anak Buahnya Ditangkap

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo, menciduk 5 lima anak jalan (Anjal) saat melakukan razia di traffic light Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, kabupaten setempat, Selasa (5/3/2019) sore.

Lima anjal tersebut masing-masing Keyla Oktaviani (20) asal Lumajang, Mohamad Slamet (32) warga Pasuruan, Faris Irsyad (15) dengan alamat Malang, lalu Abdul Qodir Jaelani (21) dan Jaka Surya (13) yang tercatat sebagai warga Kabupaten Probolinggo.

Kasi Operasi dan Pengendalian (Opsdal) Satpol PP Kabupaten Probolinggo Mashudi mengatakan, kelimanya diringkus lantaran mengganggu para pengguna jalan yang berhenti di traffick light. Gangguan tersebut berupa aksi ‘ngamen’ dengan memaksa pengendara memberikan sejumlah uang.

“Mereka saat itu ngamen di traffic light, kemudian petugas datang melakukan berpatroli. Dari laporan yang kami terima, mereka memang sering mengganggu pengguna jalan. Atas dasar itulah mereka akhirnya kami tertibkan,” kata Mashudi.

Mashudi melanjutkan, kelima remaja liar itu nantinya akan diberi pembinaan dengan harapan akan ada efek jera. Mashudi juga menyayangkan usia muda kelima remaja tersebut harus dihabiskan dijalanan dengan cara-cara yang tidak benar.

“Setelah didata dan dibina, kami akan antarkan mereka kerumahnya masing-masing. Untuk anjal yang berasal dari wilayah Kabupaten Probolinggo, akan kami panggil orang tuanya,” dia menerangkan.

Dari 5 anjal yang terjaring, menurut Mashudi, Mohamad Slamet diketahui merupakan ketua geng anjal. Slamet, jelasnya, akan diproses lebih komplet karena kerapkali melakukan tindakan kekerasan terhadap 4 anjal lain yang merupakan anggota geng.

“Laporan dari salah satu anjal, bahwa Slamet ini sering memukul anak buahnya jika tidak menyetor hasil ngamen sesuai target perhari. Dalam sehari, satu anjal harus menperoleh minimal Rp. 100 ribu dari hasil ngamen,” ungkap Mashudi. (*)

Baca Juga  Menang Telak, Zen Ubaidillah Nakhodai PC GP Ansor Kota Kraksaan

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …