KANIGARAN-PANTURA7.com, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, meniadakan open house hari raya Idul Fitri 1441 H, yang sedianya digelar di rumah dinasnya di Jl. PB Sudirman. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung menjadi alasannya.

“Saya tidak ada open house disini (rumah dinas, red) karena kita dalam kondisi sedang menghadapi pandemi korona. Besok saya akan salat Id di rumah, dan setelahnya tidak ada open house,” kata Wali Kota, Sabtu (23/5/2020).

Ia menambahkan, langkah meniadakan open house ini dilakukan sebagai salah satu cara guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yang hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya.

“Momentum lebaran kali ini tidak perlu saling jabat tangan, cukup memaafkan dengan ucapan lahir dan batin saja,” tandas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Meski meniadakan open house, namun sambung Wali Kota, ia tetap mengizinkan warga menggelar salat Id di Masjid Agung Raudlatul Jannah Alun-alun dengan menerapkan protokol kesehatan dan tambahan syarat-syarat tertentu.

“Warga yang hendak salat di Masjid Agung Alun-alun, harus membawa sajadah sendiri, wudhu’ dari rumah, tidak usah jabat tangan kemudian berdoa semoga wabah korona segera dihilangkan, khususnya di Kota Probolinggo ini,” tutur dia.

Wali Kota yang akrab disapa Habib ini juga mengemukakan alasannya mengizinkan salat Id tetap digelar di masjid. “Kenapa tetap diperbolehkan salat di masjid, karena ini ibadah. Kalau kita halangi, maka orang yang berdoa akan berkurang,” tegas dia. (*)


Edtor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi