Hore! BLT DD di Probolinggo Sudah Cair

GENDING-PANTURA7.com, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Kabupaten Probolinggo mulai disalurkan. Realisasi pertama diserahkan oleh Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari kepada keluarga terdampak pandemi Covid-19 di Balai Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Rabu (6/4/2020).

Sebanyak 293 keluarga terdampak di Desa Sumberkerang menerima bantuan tersebut dengan syarat, mereka belum pernah mendapatkan bantuan sembako, Progam Keluarga Harapan (PKH) , Pra Kerja dan Bansos Tunai dari Kementetian Sosial RI.

Tantri menjelaskan, setiap keluarga penerima BLT memperoleh bantuan uang sejumlah Rp 600 ribu yang diserahkan selama tiga bulan. BLT DD tersebut, jelasnya, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan selama Ramadhan dan meringankan beban ekonomi mereka.

“Semua warga terdampak Covid-19 ini, tetapi kita harus mengetahui siapa yang paling membutuhkan itulah yang diutamakan. Tentu bantuan itu tidak akan mengakses ke seluruh masyarakat,” kata Tantri.

Tantri menambahkan, bantuan itu tentu tidak akan bisa diterima oleh seluruh masyarakat. Sehingga data yang sudah tersaji, perlu bersama-sama dibuka dengan tim Bansos Pemeritah Kabupaten Probolinggo.

“Tujuannya merinci data warga by name by addres (berdasarkan nama dan alamat) untuk memilih dan memilah warga mana saja yang telah dan belum mendapatkan bantuan, sehingga penyaluran bantuan sesuai sasaran,” papar perempuan pertama di Probolinggo ini.

Ia juga meminta seluruh Kepala Desa, perangkat, Kasun, RT dan RW di Kabupaten Probolinggo agar benar-benar selektif dalam mendata dan mendistribusikan bantuan. “Sehingga bantuan yang disalurkan tepat sasaran,” tuturnya.

Tantri kemudian menghimbau agar masyarakat terus menjaga kesehatan, memakai masker jika keluar rumah, dansering cuci tangan dengan sabun. “Semoga dapat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan dengan khusuk dan Covid-19 segera berlalu,” harap dia. (*)

Baca Juga  Pocong-Pejuang Kompak Upacara Bendera di Kuburan

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …