SEHAT : Peserta Genggong Go Green 'mancal bareng' menyusuri 3 jalur berbeda. (Foto : M. Ahsan Faradies)

Semarak Genggong Go Green 2020, Edukasi Sehat Hingga Umroh Gratis

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Sedikitnya 3.200 goweser meriahkan Genggong Go Green (G3) yang digelar di Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (8/3/2020) pagi. Selain edukasi hidup sehat, event ini juga menyediakan umroh gratis bagi peserta.

Peserta sudah menyesaki halaman P5 pesantren sejak pukul 6.00 Wib. 30 menit kemudian, peserta dilepas mengelilingi jalanan beraspal di kawasan pemukiman hingga jalanan setapak pedesaan, lalu kembali ke garis finish di halaman pesantren.

Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, dr Gus Harris Damanhuri Romly mengatakan, G3 kali ini merupakan event kedua setelah pertama kali digelar pada 2018 lalu. Event ini sebagai kampanye lingkungan sekaligus edukasi hidup sehat kepada masyarakat.

“Event pertama kita gelar dua tahun lalu. Nah saat ini konsepnya berbeda jika dibandingkan sebelumnya. Kali ini kita banyak memberikan edukasi,” tutur Gus Harris.

Edukasi hidup sehat dan cinta lingkungan, jelas Gus Harris, dilaksanakan sehari sebelumnya. “Sabtu kemarin, kita selenggarakan stand up comedy, dan talk show hingga bincang mahasiswa yang mengangkat tema soal pola hidup sehat dan lingkungan,” paparnya.

Event G3 kali ini, sambungnya, menempuh 3 jalur meliputi road bike, funbike dan kategori mountain bike. Di sejumlah titik pos sepanjang jalur, dilakukan penanaman pohon sebagai wujud pelestarian lingkungan.

“GO Green ini otomatis kita berbicara tentang sampah, bagaimana mengolah sampah, bagaimana kita juga memperlakukan alam dengan baik. Lah ini yang kita edukasi kan kepada seluruh komunitas sepeda. Agar kita tidak hanya sepeda minded,” terangnya.

Tak hanya ‘hadiah’ sehat dan ilmu, G3 menurut Gus Harris, juga menyiapkan ragam hadiah menarik dan hadiah utama sebuah paket umroh bagi peserta yang beruntung.

Baca Juga  Serangan Ulat Bawang Merah Meluas di 5 Kecamatan

“Hadiah hanya bonus belaka. Yang paling penting bagaimana pola hidup sehat dan cinta lingkungan bisa kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh inisiator G3 ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Probolinggo,- Sebanyak 205 calon jemaah haji (CJH) asal Kota Probolinggo, Sabtu pagi (20/4/24), mendapat pembinaan …