BPBD Probolinggo Ajak Jurnalis Mitigasi Bencana

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kabupaten Probolinggo daerah yang rawan bencana. Untuk antisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengajak jurnalis dalam mitigasi bencana.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi di hadapan sejumlah awak media. Bertajuk ‘ngopi’ santai, dialog antara BPBD dan jurnalis dilakukan di sebuah kafe di Kota Probolinggo, Kamis (23/1).

BPBD sendiri terus memperbaiki layanan bahkan sampai daerah-daerah sulit. Peran Tim Reaksi Cepat (TRC), relawan di lapangan pun menjadi perhatian melalui sertifikasi.

“Dalam hal ini BPBD melibatkan banyak unsur, TRC termasuk peran relawan di lapangan menjadi harapan kami. Seperti pencarian orang di gunung, tidak semua orang memahami medan termasuk mendaki dan memahami medan pegunungan,” ujarnya.

BPBD bahkan melibatkan jurnalis peduli bencana (Jurlina) untuk mitigasi kebencanaan di Kabupaten Probolinggo. Dengan begitu, bisa memberikan persamaan persepsi, termasuk publikasi penanganan kebencanaan.

“Kami libatkan para jurnalis, sebagai sarana publikasi terkait kesiapsiagaan BPBD termasuk penanganan pasca terjadinya bencana,” tambah Anggit.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Moh. Sachri Iskandar menambahkan, terpenting keselamatan korban atau nyawa manusia.

Maksudnya memberikan pemahaman bahwa tidak ada yang lebih penting dari keselamatan manusia dalam bencana, termasuk dari tugas dan fungsi peliputan para jurnalis.

“Melalui ini, kami juga berharap jurnalis bisa berperan aktif memberikan informasi akurat. Hal ini juga baik untuk meminimalisir korban bencana alam termasuk traumatik pasca bencana ,” tandasnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Banjir di Wilayah Tongas, Satu Orang Meninggal Dunia

Baca Juga

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

Probolinggo,- Ada kafe unik di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yakni, …