Satlantas-Dishub Cek Kelayakan Armada Bus Mudik

Probolinggo,- Menjelang mudik lebaran, Satlantas Polres Probolinggo Kota bersama Dishub Kota Probolinggo menggelar pengecekan armada bus di sebuah perusahaan otobus (PO) di Kota Probolinggo, Sabtu (16/4/2022). Pengecekan ini agar armada yang akan mengangkut penumpang tidak mengalami kerusakan saat beroperasi.

Perusahaan bus yang didatangi adalah PO Akas 4. Di mana ada beberapa pengecekan bus di antaranya, rem, setir, ban, kopling hingga kelayakan kendaraan atau kir masing-masing kendaraan yang dicek.

“Hari ini kita melakukan pengecekan kelayakan armada bus bersama Dinas Perhubungan Kota Probolinggo di PO Akas 4. Pengecekan ini untuk memastikan armada yang akan digunakan mengangkut penumpang layak dari berbagai segi,” ujar Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah.

Tak hanya pengecekan bagian bus, namun pengecekan yang dilakukan langsung atau dikendarai. Pemeriksaan ini tak hanya dilakukan bagi bus yang melayani perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), namun bus dengan trayek jarak jauh, atau Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Saya berharap, selain kondisi bus yang prima, sopir dan awak kru juga dijaga, patuhi rambu lalu lintas, dan batas kecepatan kendaraan, sehingga tidak terjadi kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban,” imbuhnya.

Selain pemeriksaan armada bus di masing-masing perusahaan, petugas gabungan akan melakukan pemeriksaan bus di terminal, sehingga arus mudik lebaran hingga arus balik lebaran berjalan dengan lancar. (*) 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …