Bosan di-PHP Pemerintah, Warga Perbaiki Jalan Raya Wangkal Gading Secara Swadaya

Gading,- Masyarakat Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, nampaknya benar-benar jengah dengan kerusakan jalan di daerahnya. Tak ingin menunggu pemerintah, mereka pun memperbaiki jalan rusak secara swadaya.

Gotong-royong perbaikan jalan dilakukan warga dan karang taruna Desa Wangkal , Sabtu (16/4/22). Tak main-main, perbaikan jalan dilakukan secara permanen dengan cara dicor, bukan tambal sulam.

Koordinator perbaikan jalan, Rudi mengatakan, perbaikan tersebut digelar lantaran warga tidak ingin banyak korban berjatuhan. Sebab selama ini, banyak pengguna jalan yang jatuh akibat melewati jalan rusak bergelombang.

“Tiga hari lalu kan sudah ada truk yang oleng di sini, jadi secepatnya kita perbaiki dengan biaya dari hasil sumbangan warga,” ujar Rudi.

Warga tidak hanya menyumbang uang, semen, pasir dan material lainnya. Mereka juga turut andil dalam proses pengerjaan. Selama perbaikan berlangsung, warga membuka donasi untuk warga yang melintas.

“Terima kasih kepada semua donatur yang telah menyumbangkan material dan dana. Semoga nlbantuan yang disalurkan dibalas kebaiakan oleh sang pencipta,” harapnya.

Salah satu donatur perbaikan jalur penghubung antar kecamatan itu, Umi Suaidah menyebut, perbaikan jalan murni inisiatif dari masyarakat sekitar. Warga secara sukarela iuran, bahkan ada yang meminjamkan truk pengaduk beton untuk digunakan.

Dijelaskan Umi Suaidah, warga sudah tidak ingin mengandalkan pemerintah daerah, yang awalnya sempat berjanji akan memperbaiki jalan yang sudah rusak sejak 6 bulan terakhir itu.

“Saya hanya bisa menyumbang 3 semen saja, mudah-mudahan dengan perbaikan ini tidak ada korban lagi dan lara pengguna jalan merasa nyaman melintas di jalan ini,” paparnya. (*) 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Jalan Kedawung-Banyubiru Pasuruan Segera Diperbaiki, Telan Anggaran Rp 2,6 M

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …