Berkah Ramadhan, Ikan Asap Khas Pulau Gili Diburu Warga

Besuk,- Bulan Ramadhan membawa keberkahan bagi para pedagang makanan. Termasuk para penjual ikan asap di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Seperti yang diungkapkan Musonif Kamil (30) warga Desa Alas Kandang, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Sejak awal Ramadhan, ia ketiban rejeki dari penjualan ikan asap.

Menurut Kamil, sapaan akrabnya, penjualan ikan asap di lapaknya yang berada di jalan raya Kraksaan – Besuk, meningkat hingga 50 persen. Sejak siang hingga sore hari, warga singgah untuk membeli ikan asap.

“Di bulan Ramadhan ini, setiap harinya jualan saya pasti sisa sedikit. Memang banyak yang jualan ikan asap, tetapi punya saya proses pengasapannya berbeda,” ujar Kamil.

Ikan asap yang dijualnya, dijelaskan Kamil, bervariasi. Mulai dari tongkol, tuna, dorang, kerapu hingga kakap. Ikan asap dijual mulai harga Rp5 ribu hingga Rp50 ribu tergantung jenis dan ukuran.

“Selain nikmat dan mantap, ikan asap yang saya jual ini berasal dari ikan segar perairan laut utara Probolinggo,” tandas pria asal Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo ini.

Tidak hanya karena momentum bulan Ramadhan, Kamil menyebut ikan asap banyak diburu saat ini karena terbantu mahalnya harga minyak goreng di pasaran.

“Sebelum Ramadhan, saya memang sudah menduga bahwa ikan asap akan laris. Minyak goreng kan mahal, bahkan sempat langka, pastinya warga akan mencari makanan alternatif yang tidak bergantung pada minyak goreng,” demikian menurutnya.

Salah satu pembeli ikan asap, Sinta (18) mengatakan, ikan asap memang menjadi salah satu lauk andalannya saat berbuka puasa. Bahkan tak hanya ia seorang, anggota keluarganya pun mayoritas suka ikan asap.

“Iya setiap sore saya pasti disuruh beli ikan ke sini, ibu ketagihan katanya,” aku remaja perempuan asal Desa Alas Kandang ini. (*) 

Baca Juga  Tidak Mampu Bayar, Juru Tagih Utang Sekap Pemilik Rumah

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …