Minyak Goreng Mahal, Mahasiswa UNZAH Genggong Ciptakan Minyak Goreng Alternatif Berbahan Alpukat

Kraksaan,- Mahal dan langkanya minyak goreng di tanah air, nampaknya bakal segera berakhir. Bukan karena melimpahnya pasokan minyak goreng subsidi dari pemerintah, melainkan karena sudah ditemukannya minyak goreng alternatif.

Ya, dua orang mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo, berhasil menemukan minyak goreng. Hebatnya, minyak goreng alternatif itu berbahan buah alpukat.

Dua mahasiswa inovatif itu adalah Iroda Aulya, mahasiswa jurusan program Studi (Prodi) Pebandingan Madzhab (PM) dan Ismaulida Azizah, jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Fakultas Syari’ah UNZAH Genggong.

Kepada PANTURA7.com, Sabtu (16/4/22), keduanya menceritakan awal mula munculnya ide membuat minyak goreng berbahan alpukat. Menurutnya, ide mereka tumbuh tak lepas dari fenomena kelangkaan minyak goreng, yang terjadi sejak awal tahun ini.

Mereka kemudian berinisiatif untuk menciptakan minyak goreng alternatif yang diawali dengan penelitian selama sekitar 2 bulan. Berbagai eksperimen pun dilakukan demi memastikan hasil penelitian.

“Minyak alpukat merupakan minyak yang baik untuk menggoreng dangkal karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga stabil saat dipanaskan. Selain itu, kandungan kalorinya rendah,” kata Ismaulida.

“Sebelum menjadi sebuah minyak goreng, adonan alpukat itu juga bisa dibuat masker wajah untul perawatan kulit wajah. Kemudianproduk itu di beri nama Avocado Cooking Oil” ia menambahkan.

Inovasi itu, lantas dipamerkan dalam ajang Global Competition For Life Sciences Collaboration Whith University College Dublin (UCD) di Kota Dublin, Republik Irlandia, Minggu (10/4/22) via zoom.

“Hasilnya, minyak goreng berbahan alpukat yang kami buat berhasil meraih medali perunggu. Alhamdulillah kami berhasil mengharumkan almamater kampus,” timpal Iroda.

Diketahui, dalam kompetisi itu ada 240 delegasi dari berbagai negara yang jadi peserta. Diantaranya dari Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, Cina, Malaysia, Turkey, Iran, Mexico, Korea Utara Irlandia dan Vietnam.

Baca Juga  Alat Seadanya, Mahasiswa UNZAH Genggong Juara Formasi Se Jatim

Rektor Unzah Genggong, Abdul Aziz Wahab mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan mahasiswanya. Dengan prestasi itu, total sudah puluhan prestasi menonjol yang diraih mahasiswa UNZAH Genggong dalam kurun waktu tak sampai 2 tahun terakhir.

“Alhamdulillah mahasiswa kita kembali memperoleh prestasi Internasional, sehingga total ada 43 prestasi nasional dan 5 perstasi tingkat Internasional yang diraih, salah satunya Irodha Aulya dan Ismaulida Azizah ini yang meraih Prestasi Internasional,” papar Aziz. (*) 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …