Warga Mangunharjo Keluhkan PJU Solar Cell Tak Berfungsi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bertahun-tahun warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo mengeluhkan, penerangan jalan umum (PJU) tak begitu terang. Sebab, PJU dengan daya solar cell yang sempat difasilitasi Pemkot Probolinggo lama tak berfungsi.

Lampu solar cell tersebut berada di RT 01 RW 15 Kelurahan Mangunharjo. Jumlahnya ada tiga, namun kini mati dan diganti dengan lampu berdaya listrik PLN.

Padahal, jalan tersebut tergolong sepi dan gelap jika malam. Dengan penerangan lampu seadanya praktis dikeluhkan warga yang lewat.

“Lama sudah tidak hidup. Saya biasa lewat sini kalau malam. Ada sih lampu listrik tapi tidak seterang lampu solar cell,” kata Mashudi (34), warga Kecamatan Kedopok yang kebetulan lewat, Senin (20/1).

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, lampu solar cell tersebut dipasang oleh BLH pada tahun 2015. Namun setahun kemudian mati. Karena perawatan susah diganti lampu manual.

Bahkan, warga setempat sampai menggunakan kas untuk PJU tersebut. Kasi Peralatan Transportasi Electrikal (PTE) pada Dishub, Ngatmito mengakui, rusaknya lampu solar cell tersebut.

“Iya, kami juga mendapat laporan warga. Namun kemarin belum ada anggaran perawatan, jadi belum maksimal,” jelasnya.

Terkait dengan lampu PJU yang dirawat warga, pihaknya akan mengembalikan dan akan mengganti dengan daya yang lebih tinggi.

“Rencananya selain kami ganti lampu warga, kami akan kembalikan dalam bentuk lampu solar cell. Nanti melalui P-APBD 2020 ada titik titik lampu solar cell kami benahi,” tambahnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Ulama NU Tunjuk KH. Mutawakkil Calon Ketum MUI Jatim

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …