Jon Junaidi Bantah Fasilitasi Ijazah Palsu Kadir

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sidang lanjutan kasus ijazah palsu Kejar Paket C dengan terdakwa anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Abdul Kadir, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan, Kamis (26/12). Sidang keenam ini agendanya masih tahap pemanggilan saksi.

Tiga orang saksi dihadirkan untuk dimintai keterangan. Mereka adalah, Ketua DPC Partai Gerindra, Jon Junaedi; Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Dewi Korina dan Syaiful Bahri, ajudan Jon Junaedi.

Jon Junaedi yang pada sidang-sidang sebelumnya memilih mangkir dengan dalih ada kunjungan kerja, menepis seluruh keterangan saksi lain sebelumnya, yang menyebut ia memfasilitasi pembuatan ijazah palsu.

“Saya tidak pernah kenal dengan yang namanya markus. Saya juga tidak menjamin kalau ijazah yang digunakan oleh Abdul Kadir tidak akan ada masalah atau memfasilitasi ijazah milik Abdul Kadir,” elak Jon Junaedi.

Dari keterangan tersebut, Jon Junaedi yang juga Wakil DPRD Kabupaten Probolinggo, menyatakan kesiapannya jika pada persidangan berikutnya, Pengadilan Negeri, kembali membutuhkan keterangan darinya.

“Insyaallah saya akan hadir, kunker insyaallah juga akan saya tinggalkan. Saya akan datang jika masih diminta keterangan oleh hakim,” tutur dihadapan hakim.

Menanggapi kesaksian dari Jon Junaedi, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo, Ardian Junaedi mengatakan, jika keterangan Jon Junaedi dinilai tidak sesuai fakta, maka Kuasa Hukum Abdul Kadir berhak mengajukan sidang konfrontir.

“Keterangan dari saksi itu dianggap palsu atau tidak, sudah bukan ranah kami. Itu sudah menjadi wewenang Kuasa Hukum terdakwa yang berhak mengajukan sidang konfrontir,” ujar Ardian.

Diketahui, dalam sidang kelima yang digelar Kamis (19/13), salah satu saksi bernama Muhammad Markus Firdaus menyebut Jon Junaedi memberikan sejumlah uang untuk pembuatan ijazah Abdul Kadir.

Pada prosesnya, Abdul Kadir menjadi terdakwa setelah ia ditahan di Mapolres Probolinggo pada Jum’at (4/10) lalu atas dugaan penggunaan ijazah palsu Kejar Paket C. Dokumen ijazah ituia gunakan saat maju sebagai calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra dalam pemilu 17 Apri 2019 lalu. (*)

Baca Juga  Hasil Lab Ijazah Palsu Keluar, Polisi Bidik 3 Tersangka Baru


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …