Kali Popok Bersih, Papan Larangan Dipasang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasca menjadi sorotan akibat tumpukan popok Kali Rayati atau atau Kali Popok yang terletak di perbatasan Kecamatan Kraksaan-Besuk kini bersih. Warga pun diminta untuk berperan aktif menjaga kebersihan kali.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif mengatakan, pihaknya telah memasang papan larangan membuat sampah sembarangan, apalagi popok di Kali Rayati.

Meski demikian, lanjutnya, upaya pemerintah daerah menjaga kebersihan lingkungan tidak akan maksimal jika tanpa dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat sekitar.

“Dengan lingkungan yang bersih, kesehatan masyarakat akan lebih terjamin. Jadi ini tanggung jawab bersama, baik pemerintah dari tingkat atas sampai desa, dan juga masyarakat itu sendiri,” kata Oemar, Minggu (6/10).

Kondisi Kali Rayati setelah popok dibersihkan. (Foto : Istimewa)

Untuk menanggulangi kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah, ia meyakini kesadaran masyarakat menjadi faktor utama. Bahkan budaya membuang sampah ditempatnya sangat perlu dilatih sedari usia dini.

“Yang sangat perlu dilakukan adalah memberikan pendidikan sadar kebersihan sejak dini. Dari TK, SD, SMP, itu sudah harus diajari. Sehingga nanti akan muncul generasi yang memang betul-betul paham dalam memperlakukan sampah,” paparnya.

Langkah selanjutnya, klaim Oemar, pihak akan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak meliputi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, pemerintah desa da warga sekitar agar sampah dan popok tidak lagi dibuang sembarangan.

“Langkah-langkah sekarang ini, kami akan jalin komunikasi lebih intens dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan pihak desa. Apalagi papan larangan sudah kami pasang,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, tumpukan popok tergenang di Kali Rayati selama musim kemarau berlangsung. Tumpukan popok ini menuai kritik bahkan viral di media sosial sehingga Dinas PUPR bersama DLH melakukan pembersihan besar-besaran. (*)

Baca Juga  Safari Rajabiyah, Hasan Ingatkan Pentingnya Sholat

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …