BEASISWA: Bupati dan Wabup Lumajang menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada penerima manfaat. (foto: dok)

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Lumajang Salurkan Beasiswa bagi 596 Mahasiswa

Lumajang,- Sedikitnya, 596 mahasiswa di Kabupaten Lumajang, menempuh pendidikan di perguruan tinggi secara cuma-cuma. Biaya pendidikan gratis ini mereka dapatkan berkat gelontoran beasiswa yang diberikan pemerintah setempat.

“Program (yang kami sediakan) ini telah memberikan beasiswa kepada 596 mahasiswa berprestasi dan berjalan sampai saat ini,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Senin (14/8/2023).

Thoriq menyampaikan, beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi di perguruan tinggi negeri, merupakan salah satu program yang ia janjikan saat kampanye bersama Wakil Bupati, Indah Amperawati, pada Pilkada 2019 lalu.

“Lebih utamanya, bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu,” ujar politisi PKB ini.

Pemberian beasiswa ini, dijelaskan Thoriqul Haq, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya.

Dalam kegiatan Penyerahan Beasiswa di Gedung Panti PKK pada Selasa (3/1/2023) lalu, Thoriq mengatakan, pihaknya telah melakukan survei terhadap para penerima manfaat, dengan tujuan agar penyaluran beasiswa bisa tepat sasaran.

“Tidak sekadar seleksi administrasi, tetapi juga ditinjau, disurvey betul dan dilihat keluarganya,” jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam Pilkada 2019 lalu, beasiswa kuliah bagi pelajar berprestasi namun kurang mampu, menjadi salah satu dari 20 program prioritas yang dicanangkan Thoriqul Haq – Indah Amperawati.

Begitu keduanya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, secara bertahap program-program yang dijanjikan dalam kampanye 5 tahun silam, direalisasikan. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher Zainul Hasan

Baca Juga  Meski Ditutup, Pengendara Motor Masih Diperbolehkan Lintasi Jembatan Gladak Perak

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …