Petugas pemadaman kebakaran melakukan penyemprotan tumpukan kayu yang terbakar.

Gudang Penggergajian Kayu di Malasan Kulon Terbakar

Probolinggo – Sebuah gudang penggergajian kayu (sawmill) di Dusun Embuncangka, Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces pada Senin siang (14/08/23) terbakar. Hingga Senin pukul 13.00, kebakaran yang terjadi ini saat gudang penggergajian sedang tidak ada aktivitas masih terus dipadamkan.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com kebakaran gudang penggergajian kayu milik Taufik, warga Kabupaten Lumajang ini terjadi sekitar pukul 10.00. Tiba-tiba api muncul dari tumpukan kayu sebelah selatan.

Karena angin bertiup cukup kencang, api kemudian dengan cepat merembet ke tumpukan kayu lain. Akhirnya hampir seluruh tumpukan kayu dan mesin penggergaji kayu juga turut terbakar.

“Jadi api pertama kali terlihat sekitar pukul 10.00, kemudian membesar. Saat kebakaran terjadi tidak ada aktivitas penggergajian sehingga saat api pertama muncul tidak ada yang mengetahui, ujar warga sekitar, Susiono.

Petugas pemadam dari Pemkab Probolinggo yang mendapat laporan kemudian menerjunkan dua unit pemadam kebakaran dibantu dua unit truk damkar milik Pemkot Probolinggo.

Karena material yang terbakar merupakan kayu, serta angin yang bertiup cukup kencang sehingga petugas sempat mengalami kesulitan.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Probolinggo, Mahrus Ali mengatakan, menerima laporan sekitar pukul 11.00, langsung menuju lokasi. Ada kendala selain lokasi jauh, juga angin yang bertiup cukup kencang.

“Dugaan sementara kebakaran ini dari putung rokok, serta angin yang cukup kencang sehingga api cepat membesar. Kerugian akibat kebakaran ratusan juta rupiah,” ujarnya.

Hingga Senin siang sekitar pukul 13.00 WIB, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan gudang penggergajian kayu. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Rumah Tergerus Banjir, Warga Dringu Pasrah

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …