Perlintasan kereta api di Jalan Flamboyan.

Tambah Pos Perlintasan KA, Dishub Ajukan Bantuan ke Provinsi

Probolinggo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo terus memproses pembangunan tiga pos perlintasan kereta api (KA) di Kota Probolinggo. Selain itu, Dishub mengusulkan bantuan keuangan untuk pembangunan satu pos perlintasan tambahan.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Probolinggo, Purwanto Novianto mengatakan, telah mengajukan usulan bantuan keuangan untuk pembangunan pos perlintasan KA ini ke Dishub Provinsi Jawa Timur pada tahun 2024.

“Usulan ini kami ajukan pada tahun 2024 untuk pembangunan pos perlintasan KA di Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Kedungasem. Sesuai survei arus lalu lintas jalan tersebut menuju Jalan KH. Hasan Genggong juga ramai,” ujarnya.

Nilai usulan bantuan keuangan pembangunan pos perlintasan KA yang nantinya diajukan sama dengan anggaran pembuatan pos perlintasan kereta api yang tahun ini dibangun, kurang lebih sekitar Rp300 juta untuk satu pos.

Selain itu, nantinya jika usulan bantuan keuangan disetujui, maka untuk desain dari pos perlintasan KA akan ada sendiri, namun minimal desainnya sama dengan tiga pos perlintasan yang dibangun Dishub Kota, karena situasi lapangan hampir sama.

“Jika usulan dan desain pos perlintasan telah disetujui, maka untuk pembangunan satu pos perlintasan tambahan di Jalan Amir Hamzah ini akn dilakukan pada tahun 2024,” ujarnya.

Sementara terkait rencana pembangunan tiga pos perlintasan KA di Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang, Jalan S. Parman, Kelurahan Jati dan di Jalan Sunan Muria, Kelurahan Kebonsari Wetan, progresnya masuk dalam proses DED perencanaan.

“Diperkirakan untuk pembangunan tiga pos perlintasan ini pada bulan September atau awal Oktober,” imbuh Purwanto. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diam-diam, PDI-P Siapkan Kadernya untuk Bertarung di Pilkada Lumajang 2024

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …