PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kapal ‘Rede’ Gandha Nusantara II bantuan Kementerian Perhubungan untuk warga Probolinggo yang digunakan untuk penyeberangan Probolinggo-Gili Ketapang masih belum juga dioperasikan.

Pasalnya kapal dengan bobot 93 GT yang bisa mengangkut 53 orang dengan dua unit mobil berkapasitas muatan 10 ton masih saja bersandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

“Sampai saat ini  kapal Gandha Nusantara II memang masih belum beroperasi,” kata Humas Kesahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo, Herman Eko Yulianto, Kamis (13/6/2019).

Lanjut Herman, untuk saat ini kapal cepat itu masih dilakukan upaya pemeriksaan lembaganya termasuk menyiapkan sertifikat pengoperasian. Karena hal itu merupakan syarat sebuah kapal yang harus di penuhi dalam melakukan aktivitas.

“Rencana dalam waktu dekat kapal tujuan Probolinggo- Giliketapang tersebut akan di operasikan setelah semua persyaratan sudah lengkap,” tandasnya.

Diketahui kapal Gandha Nusantara II merupakan kapal bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan Kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang secara resmi diserahkan pada 18 Mei lalu.

Hal itu sebagai langkah mempermudah transportasi menjelang Lebaran Idull Fitri 2019. Padahal kapal tersebut dulunya sempat dikeluhkan oleh para nelayan.

Pasalnya mereka khawatir pemasukan kapal tradisionalnya yang biasa digunakan untuk menyeberang Probolinggo-Gili atau sebaliknya menjadi berkurang. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here