Mendung Halangi Pantauan Hilal di Pantai Duta

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tim Rukyatul Hilal dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo melakukan pengamatan bulan di Pantai Duta, Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, untuk menentukan awal Ramadhan 1440 hijiriyah, Minggu (5/5/2019) petang.

Dalam pengamatan yang melibatkan Pengadilan Agama (PA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta ormas seperti NU, Muhamadiyah, dan Al-Irsyad tersebut, hilal tak nampak karena kondisi cuaca tak mendukung.

Berbekal 3 Hilal Tracker (alat untuk melihat bulan, red), tim rukyatul hilal melakukan pengamatan mulai pukul 17.00 WIB. Selain itu, tim juga menggunakan gawang lokasi, benang azimuth, teropong bipolar dan kompas sebagai pelengkap.

“Kami juga menggandeng instansi samping, ormas beserta delegasi perguruan tinggi yakni Inzah dan Unuja. Jadi disini, kita tidak melihat bulan,” kata Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Kabupaten Probolinggo, Muhamad Sa’dun.

Sa’dun menambahkan, dalam perhitungan ilmu falaq diketahui jika tinggi hilal pada Minggu sore diperkirakan berada diatas 5 derajat. Dengan demikiam, potensi hilal terlihat dengan mata telanjang sangat besar.

“Namun, dalam pengamatan yang kami lakukan selama kurang lebih 22 menit, cuaca mendung. Sehingga hilal tak terlihat dalam pengamatan kali ini,” ujarnya.

Meski tak melihat hilal, tim Kemenag Kabupaten Probolinggo tetap melaporkan hasil pengamatan ke Kemenag RI. Tujuannya, sebagai acuan dalam sidang itsbat penentuan awal ramadan oleh pemerintah pusat.

“Kami hanya terkendala cuaca, sehingga hilal tidak terlihat di sini. Namun, dari laporan beberapa rekan-rekan yang lain, hilal sudah dapat dilihat,” tutur Sa’dun. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kota Blitar Puncaki Ori Difteri Putaran 3 se-Jatim

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …