Angka Kematian Bayi di Probolinggo Tertinggi se Jawa Timur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Probolinggo sepanjang tahun 2018 tertinggi di Jawa Timur. Sedangkan Angka Kematian Ibu (AKI), Kabupaten Probolinggo menempati urutan ke 20.

Hal ini diketahui dalam pelatihan Sapa Hati Bunda (Sarapan Pagi Sehatkan Ibu dan Anak) di ruang pertemuan TP PKK Kabupaten Probolinggo, Kamis (21/2/2019). Kegiatan diikuti oleh 48  peserta dari Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua LPP dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Nunung Timbul Prihanjoko mengatakan, Kabupaten Probolinggo pada tahun 2018 menjadi penyumbang terbesar di Jawa Timur untuk AKB dengan 242 bayi meninggal. Sementara soal AKI, berada di urutan 20 dengan jumlah 12 kematian ibu.

“Penyebab terbanyak adalah BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah, red) sebanyak 72 (29,7%) dan kecacatan sebanyak 76 (31,4%). Dua hal tersebut sangat memprihatinkan karena menunjukkan bahwa kesehatan wanita usia produktif masih kurang baik,” kata Nunung.

Menurut Nunung, kehamilan adalah proses pertumbuhan janin dalam rahim yang perlu perawatan dan perhatian khusus dari segi fisik maupun psikologis.. Asupan gizi berkualitas sangat dibutuhkan oleh ibu dan janinnya, sehingga makan sedini mungkin dapat menyehatkan bumil dan janinnya.

“Dengan sarapan pagi kebutuhan kandungan gizi terpenuh sehingga mengurangi BBLR dan anemia. Serta untuk ibu hamil setelah melahirkan bisa memberikan ASI Eksklusif,” papar dia.

Lebih lanjut Nunung menguraikan bahwa PKK adalah organisasi yang mempunyai kader sampai dasa wisma sehingga sasaran yang paling tepat dalam memberikan pendekatan pada masyarakat untuk tujuan dalam penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk itu Pokja IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo memberikan bekal bagi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan desa untuk bisa diterapkan di masing-masing wilayahnya. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dan diamalkan bagi masyarakat,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Kecewa Sikap DPRD Soal Tempat Karaoke, PCNU Bakal Pasang Badan

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan …