Lagi, Kota Bangil Raih Piala Adipura

JAKARTA-PANTURA7.com, Kota Bangil yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Pasuruan meraih piala adipura tahun 2018. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Bupati Pasuruan, Iryad Yusuf menjelaskan, piala adipura diraih tak lepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari petugas kebersihan, pemerintah daerah dan tokoh masyarakat. Selain itu, ada masyarakat yang sangat peduli kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Alhamdulillah, ini adalah hasil dari kerja keras kita semua yang sama-sama berkomitmen untuk menciptakan Bangil sebagai wilayah yang bersih dan tertata, termasuk di kecamatan lain se-Kabupaten Pasuruan,” kata Irsyad, sesaat setelah menerima penghargaan.

Dengan prestasi ini, Bupati yang akrab dipanggil Gus Irsyad ini seluruh masyarakat untuk sama-sama menyatukan tekad untuk terus membangun Predikat Bangil sebagai salah satu Kota Kecil Terbersih di Indonesia, tetap berada dalam genggaman.

“Mempertahankan sebuah pencapaian itu lebih susah daripada meraihnya. Sama seperti Adipura ini yang bisa kita pertahankan selama tiga tahun berturut-turut tanpa putus,” tandas Gus Irsyad.

Piala adipura, lanjut Gus Irsyad, nantinya akan dipertontonkan kepada masyarakat Kecamatan Bangil dalam Kirab Piala Adipura 2018. Rencananya, kirab akan dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2019.

“Nanti kita kirab, Start dari GOR Sasana Krida Anoraga Raci dan finish di Alun-Alun Bangil,” beber dia.

Terpisah, Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menyebut bahwa piala adipura yang diraih tak lepas dari lolosnya Kabupaten Pasuruan dalam sejumlah penilaian. Aspek penilaian meliputi penilaian fisik, non fisik, hingga paparan dari Kepala Daerah.

“Penilaiannya banyak, mulai dari kebersihan, pertamanan, penataan kawasan perumahan, pasar, TPA, Bank Sampah, kawasan public, RTH dan lain sebagainya. Alhamdulillah kita lolos,” bangganya. (*)

Baca Juga  Masker dan Hand Sanitizer Langka, Rutan Kraksaan Andalkan Desinfektan

 

 

Penulis : Mohamad Jakfar

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …