Wow, Tarif Hotel di Bromo Rp. 7 Juta

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Memasuki High Season atau puncak kunjungan wisata, tarif sewa hotel dan penginapan di kawasan Gunung Bromo naik dua kali lipat. Namun meski harga hotel ‘melangit’, tingkat hunian justru terus meningkat.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Jamaluddin Dikdoyo menuturkan, selama periode High Season semua hotel menaikkan tarif sewa kamar. Saat ini harga sewa kamar termurah sekitar Rp 450 ribu, naik 2 kali lipat dibanding sebelumnya.

“Untuk periode high season ini, rata-rata harga sewa kamar naik hingga seratus persen atau dua kali lipat, paling murah Rp. 450 ribu dan yang paling mahal sekitar Rp. 7 juta,” kata Digdoyo, Rabu (26/12/2018).

Meski mahal, namun menurut pria yang dipanggil Yoyok ini, konsumen tidak akan keberatan karena saat ini memang musim liburan. “Kalau sudah diatas tanggal 26 Desember, semua hotel sudah penuh, harga mahal tidak masalah daripada tidak mendapatkan hotel,” tuturnya.

Yoyok menambahkan, saat ini tingkat hunian hotel di lereng Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo sudah penuh berdasarkan bookingan, baik via online ataupun pemesanan manual. Bahkan ada pemilik hotel yang menolak tamu pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari 2019.

“Banyak pemilik hotel dan penginapan yang sudah tidak menerima tamu pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari 2019 karena sudah penuh. Saya prediksi, puncak kunjungan terjadi pada malam tahun baru hingga tanggal 1 Januari,” tandas pemilik Hotel Yoschi Bromo ini.

Berdasarkan data yang dirangkum pihaknya, Yoyok menyebut bahwa di kawasan Gunung Bromo terdapat 14 hotel dengan kapasitas kamar 528 kamar yang mampu menampung sekitar 1.200 orang. “Selain itu, ada 71 homestay atau penginapan disini,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Wisata Bromo Dibuka, Wisatawan Mancanegara dan Lokal Berdatangan

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …