Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Ini Pesan Walikota Rukmini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar upacara Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 pada Senin pagi (12/11/2018) bertempat di Alun-Alun Kota Probolinggo. Walikota berpesan nilai spirit perjuangan pahlawan bisa diimplementasikan PNS dalam menjalankan tugas.

Walikota Rukmini bertindak selaku inspektur upacara didampingi Forkopimda, veteran beserta jajaran OKP, siswa-siswi, termasuk pelaksana program pemerintah baik Tagana, Pendamping Sosial PKH, Karang Taruna dan lainnya.

Dalam amanatnya, Rukmini membacakan pidato dari Menteri Sosial. Ia menyampaikan pesan penting bahwa kegiatan Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan hanya sebagai prosesi, namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” kata walikota.

Menurut wali kota perempuan pertama di Probolinggo ini, setiap zaman mempunyai pahlawan di kiprahnya masing-masing. Rukmini juga menyebut Indonesia memerlukan pahlawan baru.

“Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini,” tutur Rukmini.

Terlebih lagi, lanjut Rukmini, dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

“Negeri ini khususnya Kota Probolinggo, butuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial,” tandasnya.

Sehingga, ke depan mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial. (*) 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Tiga Pos Perlintasan dan Palang Pintu KA Mulai Dibangun, Telan Anggaran Rp570 Juta

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …