Pemkab Ajak Remaja Tingkatkan Peran Soal Kesehatan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pemilihan Duta Kesehatan Remaja (DKR) tahun 2018 di ruang pertemuan Hotel dan Restoran Paseban Sena Probolinggo, Rabu hingga Minggu (7-11/11/2018).

Pemilihan DKR dengan tema ‘Remaja Berkualitas Akan Mewujudkan Keluarga yang Sehat’ diikuti 66 peserta yang berasal dari 33 puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. Masing-masing puskesmas terdiri dari 2 orang (1 laki-laki dan 1 perempuan) dari sekolah tingkat SMA/MA di wilayah puskesmas.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Sutilah mengatakan, masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik fisik, psikologis maupun sosial.

“Remaja memiliki karakteristik yang khas, cenderung energetik, selalu ingin tahu, emosi yang tidak stabil, cenderung berontak dan mengukur segalanya dengan ukurannya sendiri dengan cara berpikirnya yang terkadang tidak logis,” ujar Sutilah.

Kesehatan remaja mendapat perhatian penting karena berpengaruh terhadap kehidupan masa depannya. Masalah kesehatan yang dihadapi remaja di Indonesia antara lain HIV AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS), Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan penyalahgunaan NAPZA.

“Saat ini remaja sering terjebak dalam kehidupan yang dapat membawa mereka dalam suatu keadaan yang berbahaya dalam bidang kesehatan reproduksi. Jumlah remaja yang terlibat dalam aktifitas seksual dari tahun ke tahun semakin bertambah,” paparnya.

Selain memilih Duta Kesehatan Remaja 2018, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran remaja terhadap kesehatan. “Serta memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang peran kader kesehatan sekaligus masalah-masalah kesehatan pada remaja,” tutur Sutilah. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Gaji Karyawan di Bawah UMK, Puluhan Pabrik Disomasi

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …